Hijau Pilihan

Peran Media Massa Berkaitan dengan Isu Lingkungan

14 September 2017   21:25 Diperbarui: 15 September 2017   11:38 686 0 0

Media massa mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat apalagi pada masa kini yang sudah berbasis pada teknologi, peran media masa tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan masyarakat disamping dari penyampaian informasinnya yang sangat cepat. hal ini membuat masyarakat tidak dapat lepas dari Media Massa karena dari peran media massa tersebut, yaitu memberikan informasi yng dapat menunjang  kehidupan masyarakat itu sendiri. Media massa dapat mempengaruhi masyarakat baik itu dari perilaku atau cara berfikir, tergantung dari bagaimana individu- individu itu sendiri yang menangkapnya.

Media Masssa memiliki Pengaruh terhadap perubahan perilaku dikuatkan dengan adanya tiga paradigma yang menyatakan bahwa media massa adalah pelopor perubahan, paradigma tersebut antara lain : pertama, media massa sebagai institusi pencerah masyarakat, yaitu perannya sebagai media edukasi. Media menjadi media yang dapat mendidik masyarakat supaya cerdas, terbuka pikirannya dan menjadi masyarakat yang maju. Kedua, media informasi yaitu media yang setiap hari menyampaikan informasi kepada masyarakat. Informasi yang banyak dimiliki masyarakat menjadikan masyarakat sebagai masyarakat dunia yang dapat berpartisipasi dengan berbagai kemampuannya. Ketiga, media hiburan.

Mengetahui ketiga paradigma tersebut dan  menyadari arti penting media massa maka Kebun Raya yang berada di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang salah satu tugas dan fungsinya melaksanakan konservasi ex-situ tumbuhan memanfaatkan media massa sebagai agen perubahan (agent of change) untuk mempengaruhi masyarakat sehingga terjadi perubahan budaya dan perilaku masyarakat untuk peduli dengan konservasi tumbuhan, karena dari peranan media itu sendiri yang dapat membuat masyarakat menyukai dan mengikuti suatu hal.

Komunikasi massa dapat mengubah norma-norma yang tengah berlaku dan karenanya mengubah khalayak dari suatu bentuk perilaku mejadi bentuk perilaku yang lain yaitu peran media massa dalam mendorong perubahan perilaku masyarakat Peran media sebagai pemberi informasi dan sarana edukasi masyarakat dapat menciptakan perubahan perilaku masyarakat sesuai dengan yang diinginkan. Media mampu menghasilkan dan membentuk opini masyarakat melalui teks maupun konten tayangan media massa tersebut. 

Peran media sebagai pendorong perubahan perilaku masyarakat ini menjadi sangat penting bagi Kebun Raya untuk mengedukasi masyarakat agar peduli dengan konservasi tumbuhan. Pemilihan media massa dan pesan yang disampaikan kepada masyarakat yang tepat akan sangat efektif untuk menyampaikan informasi sekaligus mengedukasi masyarakat untuk berperilaku peduli dengan konservasi tumbuhan.

Pada hl ini penulis mengangkat tentang Kebun Raya yang memanfaatkan peran media massa untuk menyebarkan informasi atau pesan dan mengedukasi masyarakat dengan mempengaruhi opini masyarakat melalui tayangan tersebut. dalam perannya sebagai paru-paru kota dan juga juga pusat konservasi tumbuhan asli Indonesia". Kata "paru-paru" merupakan konotasi karena yang dimaksud adalah Kebun Raya dapat menyerap karbon dan mensuplai oksigen murni untuk masyarakat yang hidup disekitar kota tersebut, dan penyebaran informasi tentang upaya konservasi tumbuhan yang dilakukan oleh Kebun Raya.

Penyampaian informasi dilakukan media secara akurat dan cepat, media massa sebagai pendukung perubahan perilaku masyarakat untuk peduli dengan konservasi tumbuhan. Dalam hal ini, media berperan sebagai pendukung perubahan perilaku masyarakat untuk peduli dengan konservasi tumbuhan melalui penyebaran informasi sebagai bahan diskusi dan penyampaian pesan kepada masyarakat dengan mengangkat isu-isu konservasi tumbuhan dalam tayangannya, sehingga diharapkan terjadi perubahan sikap dan kepercayaan dalam masyarakat terkait konservasi tumbuhan. media sebagai pendidik. 

Dalam hal ini, media dapat meningkatkan tingkat pengetahuan masyarakat mengenai konservasi tumbuhan. Media massa secara instant dapat membentuk opini publik untuk melakukan tindakan tertentu kepada perubahan budaya dan perilaku untuk peduli konservasi tumbuhan. Berdasarkan pemaparan di atas menunjukkan bahwa media mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam pembentukan kognisi seseorang.

Menurut penulis, Kognisi adalah semua proses yang terjadi di fikiran kita yaitu, melihat, mengamati, mengingat, mempersepsikan sesuatu, membayangkan sesuatu, berfikir, menduga, menilai, mempertimbangkan dan memperkirakan. Hal ini berkaitan dengan isu lingkungan pada saat ini, yang mana lingkungan sekitar kita semakin hari semakin buruk, dengan bertambahnnya juga populasi manusia yang membuat lingkungan semakin padat akan penduduk, 

dan terseingkirnnya tumbuhan-tumbuhan di sekitar kita yang seperti kita ketahui bahwa tumbuhan-tumbuhan yang ada disekitar kita merupakan aru-parunya manusia untuk hidup, , oleh karena hal tersebut dibutuhkannya komunikasi lingkungan, yang mana komunikasi Lingkungan merupakan komunikasi yang dilakukan untuk mempersuasif atau mempengaruhi, perilaku atau tindakan seseorang untuk peduli Lingkunga, namun tidak hanya peduli melainkan juga dapat membantu dapat menyelesaikan permasalahan lingkungan itu sendiri.  

Berkaitan dengan hal tersebut menurut saya Peran Media massa dapat membantu isu Lingkungan yang sedang terjadi, berkaitan dengan peran media massa itu sendiri, yang dapat membuat masyarakat dapat mempengaruhi bahkan mengikuti dari informasi apa yang disampaikaan dan informasi ini tersampaikan dengan cepat dan juga keberbagai penjuru masyarakat berada. Dengan adannya Informasi ini diharapkan agar manusia lebih peduli dengan Lingkungan dan juga Media-media dapat menyiarkan berita yang kiranya bermanfaat dengan kehidupan Manusia saat ini

Kesimpulan : penelitian ini sangat baik dilakukan khususnya pada televisi,  karena televisi dapat menyampaikan informasi dengan cepat ke berbagai kalangan.