Mohon tunggu...
ULIL NUR INAWATI
ULIL NUR INAWATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Brawijaya

Menulis hal apapun.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

MRI Goes To You, MRI Malang Ajak Anak-Anak TK Belajar Seru Mitigasi Bencana

15 September 2022   09:10 Diperbarui: 15 September 2022   13:42 77 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kota Malang- Senin (29/8), komunitas relawan Masyarakat Relawan Indonesia Malang kembali adakan acara bertajuk "MRI Goes To You" di KB&TK Laboratorium UM Kota Malang.

Melalui kegiatan tersebut, MRI Malang ajak anak-anak untuk mengenal bencana dengan kegiatan menyenangkan.
"Ada lima kelas yang terlibat. Masing-masing kelas kurang lebih 20 anak. Tiap kelas memiliki kesempatan untuk belajar mitigasi bencana di masing-masing pos (yang telah disediakan)" ujar Putri Zahirah, selaku penanggung jawab acara.

Tidak hanya anak-anak, para guru dan mahasiswa pun turut memeriahkan acara. “Ada anak TK kurang lebih ada 100, dan guru sekitar 12 hingga 15 orang, serta mahasiswa-mahasiswa dari PG-PAUD UM” ujar Alvin Ramadhan Noor selaku pengisi kegiatan.

Terdapat lima pos yang disediakan, dimana tiap pos anak-anak dapat mempelajari mitigasi bencana yang berbeda, diantaranya simulasi gempa di dalam ruangan, gempa di luar ruangan, angin puting beliung, kebakaran, dan banjir. Pada pos pertama, anak-anak diberikan gambaran apabila terjadi gempa di dalam ruangan serta bagaimana cara melindungi diri, begitupun di pos kedua tentang bagaimana melindungi diri jika terjadi gempa di luar ruangan. Pada pos ketiga, anak-anak mempelajari apa dan bagaimana melindungi diri ketika terjadi angin puting beliung. Lalu pada pos keempat, anak-anak belajar apa yang dilakukan ketika terjadi kebakaran dengan menggunakan alat simulasi gas LPG. Terakhir pada pos lima, anak-anak mempelajari mengenai banjir dan cara menyelamatkan diri dari banjir.

Anak-anak KB&TK Laboratorium UM Kota Malang belajar mitigasi bencana banjir (Dok. pribadi)
Anak-anak KB&TK Laboratorium UM Kota Malang belajar mitigasi bencana banjir (Dok. pribadi)
Sementara itu, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang pernah dilakukan sebelumnya. "Sebelumnya pernah kita mengisi Humanity Day, tapi waktu itu mengisi gempa bumi. Untuk kali ini merupakan kelanjutannya," ujar Alvin.
Selain memberikan edukasi kepada anak-anak melalui kegiatan MRI Goes To You, dalam kegiatan juga tengah berlangsung penelitian yang dilakukan oleh tim dosen dari PG-PAUD Universitas Negeri Malang.
“(kegiatan) sekalian sama penelitian tim dosennya PG-PAUD UM tentang motorik anak TK. Dari tim dosen, jika sebelumnya hanya gempa, ini langsung lima bencana” jelas Alvin.

Acara berlangsung dari pukul 7.15 hingga 13.30 tersebut disambut antusias dari anak-anak.
"Alhamdulillah, anak-anak sangat antusias, walaupun memang beberapa anak ada yang hiperaktif dan rewel" ujar Putri.

Kegiatan berlangsung dari jam 7 pagi hingga jam 2 siang. Setelah kegiatan, anak-anak diarahkan untuk permainan ular tangga di kelas masing. Penutupan acara dilakukan dengan peresmian dan foto bersama.

Sebagai informasi, MRI Goes To You sendiri merupakan salah satu program dari MRI Malang yang bekerja sama dengan berbagai instansi dengan harapan dapat memberikan manfaat edukasi serta memperkuat jaringan di ranah sekolah.
“Jika membicarakan MRI Goes To You itu tidak hanya soal mitigasi bencana, namun ada kelas dongeng, pelatihan membuat kue, dan lain sejenisnya. Namun yang lebih sering diminta itu , yang kita closing yaitu belajar soal mitigasi bencana.” jelas Alvin. (uni)

PENUTUPAN: MRI Malang berfoto dengan Tim Dosen Penelitian, Mahasiswa UM, dan Anak-anak KB&TK Laboratorium Universitas Malang (Dok. pribadi)
PENUTUPAN: MRI Malang berfoto dengan Tim Dosen Penelitian, Mahasiswa UM, dan Anak-anak KB&TK Laboratorium Universitas Malang (Dok. pribadi)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan