Mohon tunggu...
Ulil Lala
Ulil Lala Mohon Tunggu... Deus Providebit - dreaming, working, praying

Bukan penulis

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sebelum Puasa Nikmati Kimbab Cantik Buatan Sendiri

10 April 2021   08:45 Diperbarui: 10 April 2021   08:47 159 29 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebelum Puasa Nikmati Kimbab Cantik Buatan Sendiri
Kimbab kembang. Sisa nasi dan isian saya buat onigiri saja | Dok. Pri


Kimbab, dalam bahasa Korea berasal dari dua kata Kim artinya rumput laut dan bab () artinya nasi. Istilah sehari-hari, kimbab adalah nasi yang digulung dengan rumput laut dengan isian sayur rebus dan lauknya.

Asal mula kimbab sendiri adalah makanan yang dibuat oleh orang Jepang yang tinggal di Korea sekitar pertengahan abad ke-20. Oleh orang Korea diadopsi dan dijadikan sebagai makanan Korea

Namun ada sedikit perbedaan antara kimbab ala Korea dan kimbab yang dibuat oleh orang Jepang. Kimbab yang dibuat oleh orang Korea menggunakan campuran minyak wijen, sedangkan orang Jepang menggunakan cuka beras sebagai campurannya. 

Umumnya isian kimbab adalah sayur yang direbus seperti bayam, wortel, sayuran segar macam mentimun atau daun selada. Ada juga yang suka memakai sayuran yang diawetkan secara alami seperri kimchi. 

Untuk lauknya mereka biasa memakai fishcake atau eomug dalam bahasa Korea. Selain eomug, ada juga daging asap dan telur. Ada dua cara menggoreng telur untuk isian kimbab. Yang pertama kuning dan putih telur diaduk jadi satu, seperti kita bikin telur dadar. Ada juga yang kuning dan putih dipisah. Ini dimaksudkan supaya mendapatkan dua jenis warna isian yang berbeda, kuning dan putih.

Isian kimbab dibuat dari sayur dan lauk yang warnanya berbeda-beda, supaya bisa cantik seperti pelangi saat dipotong.

Membuat kimbab, itu gampang-gampang susah, seorang kawan pernah mengundang saya hanya untuk diajari buat kimbab, padahal saya sendiri asal-asalan kalau buat, karena saya tidak punya alat khusus untuk menggulung kimbab yaitu tikar bambu atau placemate dari bambu. Jika menggulungnya tidak padat, kimbab tidak akan bisa dipotong dan bentuknya tidak akan bulat yang membuat kimbab akan ambyaaar.

Kimbab biasa buatan sendiri untuk bekal dan dibagi-bagi. | Dok. Pri
Kimbab biasa buatan sendiri untuk bekal dan dibagi-bagi. | Dok. Pri
Penting juga memilih berasnya kalau mau buat kimbab sendiri. Jenis beras yang ada di Indonesia lain dengan beras dari Korea atau Jepang. Kalau mau beli beras Jepang ada di supermarket, tapi tentu saja mahal. Mending pakai beras yang biasa Anda masak di rumah  dicampur dengan beras ketan supaya hasilnya nasi agak lengket.

Nah kali ini, saya mencoba membuat kimbab dengan kreasi sederhana yang bila dipotong akan terlihat unik dibandingkan dengan kimbab pada umumnya. Saya menyebutnya kimbab kembang karena susunan isi kimbab seperti bunga meski tidak sempurna. 

Kalau ada chef atau K-ners yang hobi ngedapur, bisa dibuat yang lebih sempurna lagi atau mencoba kreasi lain. Apa saja dan bagaimana membuatnya? Lanjut bacanya ya.

Bahan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN