Mohon tunggu...
Ulil Absor_New
Ulil Absor_New Mohon Tunggu... Bismillah Walkhamdulillah

Who am I ???

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Semangat! Man Jadda Wajada

17 September 2020   08:12 Diperbarui: 17 September 2020   08:18 14 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semangat! Man Jadda Wajada
sumber gambar : peter-draw.tumblr.com

Yang penting kita jangan sampai patah semangat, mungkin itu lah ungkapan pertama dalam penulisan artikel ini. Dalam beberapa artikel sebelumnya, penulis sering memberikan motivasi untuk pembaca budiman, dan sebenarnya juga untuk diri penulis. Penulis tahu, tidak semua orang hari ini merasakan kebahagian, karena memang itu sunnatullah (hukum alam), ada suka pasti juga ada yang duka, ada yang cinta pasti juga ada yang benci dan lain sebagainya. 

Mungkin diantara kita ada yang lagi galau di bidang ekonomi, lagi punya banyak masalah sosial, atau malah salah satu diantara kita lagi galau akibat diputus sang pacar / kekasih halal. Yah itu memang lumrah, dan memang dunia ini suka bercanda. 

Lagi dan lagi yang penting kita jangan sampai patah semangat !

Kalau temen-temen merasa yang paling banyak masalah, coba sesekali tengok saudara-saudara kita yang hidup di bawah garis kemiskinan. Tengok pula temen-temen kita yang hidup di bawah kolong tol dan menjadi anak jalanan. 

Kalau pun temen-temen lagi merasa dijauhin,direndahkan, atau tidak dianggap dalam keluarga, coba sesekali tengok adik-adik yatim piatu kita. Mereka bertahun-tahun menahan rasa kangen untuk bertemu bapak/ibunya. Tapi apalah daya, rasa kangen mereka pun tidak akan bisa terobati, karena salah satu atau dua-duanya telah meninggalkan mereka untuk selama-lamanya. Tapi mereka tetep tegar menghadapi kehidupan ini walaupun hidup tanpa sayap pelindung (bapak dan ibunya)

Kalau temen-temen juga lagi down banget, rasanya udah mentok semua, coba sesekali kita ngopi bersama. Masih banyak kok sesuatu hal yang bisa kita lakukan. Dan masih banyak pula prestasi dan reputasi yang bisa kita raih di masa yang akan datang. Kalau kata anak pesantren, rahmat Allah sangat lah luas.

Lagi dan lagi, jangan sampai patah semangat yah temen-temen !

Gus Dur dalam quotenya pernah mengatakan, " menyesali nasib tidak akan merubah keadaan, teruslah berusaha dan berkarya, sampai kita benar-benar menjadi orang yang berharga"

Mungkin quote di atas juga bisa memberikan semangat 45 buat temen-temen yang siap berjuang kembali meraih cita-cita. Akan tetapi jangan lupa berdoa yah temen-temen, agar langkah ikhtiyar kita juga bernilai berkah.Amin

VIDEO PILIHAN