Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Mengapa Harus Pakai Sunscreen?

4 Oktober 2022   14:34 Diperbarui: 7 Oktober 2022   03:00 857 15 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sunscreen atau tabir surya. (sumber: Shutterstock/Lyubov Levitskaya via kompas.com)

Bedak Saja Ternyata Tak Cukup

Setelah melahirkan flek di wajahku mulai muncul, konon selain karena tanda penuaan dini juga disebabkan hormon kehamilan. Kok bisa ada flek sih dok? Tanyaku pada dokter di sebuah klinik kecantikan. 

Pernah pakai Sunscreen? Tanyanya balik. Tabir Surya? Ya pakai dok, kan dalam bedak ada kalimat mengandung tabir Surya, jadi ya melindungi wajah ku dari panas matahari.

Pengetahuanku saat itu hanya sebatas pelembab, alas bedak dan bedak. Kombinasi ketiganya ku yakini sudah cukup melindungi wajahku dari sengatan mentari. 

Ternyata aku salah! Bedak saja tak cukup melindungi kulit wajahku, pantas saja alas bedak yang tebal tetap membuat kulit wajahku belang.

Sunscreen vs Sunblock

Zaman aku aktif berenang sudah mengenal sunblock pengertian saat itu kalao pakai sunblock pokoknya biar kulit nggak hitam, pemakaiannya juga sekitar area badan tidak termasuk bagian wajah. 

Sunblock memang untuk mencegah kulit terbakar lalu entah tahun berapa penggunaan istilah Sunblock ini tidak diperkenankan karena dianggap salah sasaran karena sejatinya nggak ada kosmetik yang bisa membloking sinar matahari, bahkan cara kerja sunblock juga hanya menyerap sinar matahari supaya nggak tembus ke lapisan kulit paling dalam 

Sebagai kata pengganti sunblock muncullah istilah Sunscreen dan jujurly aku baru paham dua tahun terakhir ini betapa pentingnya penggunaan Sunscreen bahkan Sunscreen adalah koentji!

Jangan Sembarang Pilih Sunscreen

Mengapa Harus Pakai Sunscreen? By ulihape 
Mengapa Harus Pakai Sunscreen? By ulihape 

Lantas Uli pakai Sunscreen apa? Awalnya aku coba beberapa Sunscreen yang dijual di drugstore namun aku mendapati wajahku jadi lebih berminyak dan tak jarang menimbulkan white cast, so boro-boro glowing? 

Bedak-an malah jadi cemong, ngebatinnya 'kok pake Sunscreen ga asyik sih' rasa nggak nyaman membuat aku malas menggunakan Sunscreen dan efek terbesar saat Pandemi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan