Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Komik adalah Buku Masa Kecilku

18 Mei 2021   15:38 Diperbarui: 18 Mei 2021   16:06 5445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bacaan Masa Kecilku, by Ulihape

Maklum ya sis aku kelahiran tahun 79 jadi kalau tentang buku apa yang menemani masa kecilku? Jawabannya adalah komik, tahun 90an mah buku anak masih susah banget ditemui apalagi aku yang ditinggal di kabupaten, mau beli buku bagus harus ke ibu kota provinsi which is bisa sehari semalem baru sampai haha.

Dulu di kota tempatku tinggal banyak taman bacaan, bedalah sama perpustakaan yang berisi buku-buku terkait sastra dan pendidikan. Di taman bacaan ada banyak komik jadilah masa kecilku ditemani beraneka macam komik. Orang tua juga kerap membelikanku komik tipis dan aku sempat menyewakan beberapa komikku karena banyaknya.

Tahun itu komik juga bukan khusus anak-anak sih, ceritanya ada yang horor, ada yang romantis namun karena masih kecil ya nggak paham juga sih hal-hal berbau dewasa. Berbeda dengan anak-anakku saat ini bisa memilih berbagai buku bacaan khusus anak yang menarik, ilustrasinya keren dan temanya sangat beragam.

Lantas apa sih komik yang menemani masa kecilku? 

Yang hidup di eraku pasti familiar banget dengan komik religi haha, ituloh Komik Siksa Neraka, haha ini kocak sih kalau diingat ini komik cukup legend bahasa kekiniannya tahun 80an komik ini viral. 

Buku ini isinya menyeramkan loh, saking seramnya bahkan akutuh masih ingat semua ilustrasinya, gara-gra ilustrasi itu juga aku takut melakukan dosa yang dimaksud, kebayang siksaan neraka ihhh! Kalau dipikir-pikir kok bisa sih dulu komik ini beredar haha mana yang baca anak-anak kecil pula, tanpa sensor dan mengerikan. 

Contohnya saja dalam komik ini digambarkan siksaan bagi orang yang berhubungan tanpa pernikahan, alias berzinah ilustrasi kemaluannya di tusuk kayu gede berdarah-darah, trus buat si pembohong siksaannya menyeramkan lidahnya digunting-gunting nggak ada habisnya, ada juga ilustrasi manusia direndam dalam nanah darah nan kotor. Pokoknya komik ini membuat aku takut melakukan dosa hehe, makanya dulu kami kategorikan komik religi?haha

Tuh isinya komik siksa neraka haha, tahun 80an mah bacan anak-anak nih hahaha, sumber www.fokal.info
Tuh isinya komik siksa neraka haha, tahun 80an mah bacan anak-anak nih hahaha, sumber www.fokal.info


Komik Cerita Silat, nah ini juga era tahun 80an seiring dengan dunia perfilman sih yang banyak berkisah tentang silat. Dan kalian tahu? komik di Indonesia udah ada sebelum zaman kemerdekaan loh! 

Jadi tahun 40an tuh banyak komik dengan tema silat dan aku masih menikmatinya ketika aku kelas 3 SD senang banget membaca komik salah satu komik tema silat yang aku ingat adalah Wiro Sableng, Kho Ping Hoo komik cerita silat ini saat itu yang aku tahu memang bagus sih pokoknya aku nggak ada mengingat komik yang aku baca tuh ada cerita mesranya. 

Komik cerita silat yang aku ingat selalu memberi pesan moral untuk semangat, pasalnya tokoh dalam komik biasanya pendekar yang malang, pemuda miskin nan sengsara trus nanti ketemu guru silat yang baik hati dan biasanya jadi anak mudanya deh. Komik cerita silat ukurannya nggak gede hanya kertas A6 gitu jadi kadang nggak terasa dalam sehari bisa baca puluhan seri hehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun