Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Hobi Koleksi Barang dan Manfaatnya Buat Si Kecil

5 Mei 2021   14:44 Diperbarui: 5 Mei 2021   14:57 918 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hobi Koleksi Barang dan Manfaatnya Buat Si Kecil
Koleksi Barang? Why Not!, Ilustrasi by Ulihape

Punya koleksi barang tertentu nggak? Kalau aku jujur nggak punya sih karena aku selalu terbentur dengan biaya dan khawatir aku malah jadi mengorbankan sesuatu demi mengoleksi barang kesukaanku. Tapiiii setelah aku menikah dan memiliki anak ceritanya jadi berbeda, si sulungku suka banget sama hotwheels, lama-lama jadilah dia koleksi hotwheels. Dimulai saat dia berusia dua tahun dan setiap mampir ke toko mainan maka dia akan meminta hotwheels. Lah sebagai orang tua yang nggak hobi koleksi barang tentu aku tak berharap anakku memiliki hobi tersebut, namun aku berpikir ada baiknya sih jadi nggak harus beli bermacam-macam mainan dan bisa lebih hemat juga toh harga hotwheels masih terjangkau. Alasan lain aku lihat anakku kok bisa ya hapal mana seri yang sudah dia punya haha padahal ya bentuknya sama aja mobil haha.

Ketika anak memiliki hobi koleksi barang ternyata ada dampak positif buat tumbuh kembangnya, ini yang mau aku bahas pada artikel kali ini. 

Manfaat Koleksi Barang Untuk Tumbuh Kembang Anak

Anak Jadi Lebih Jeli

Seperti yang aku lihat pada anakku ternyata dia jadi jeli, dia mampu membedakan seri hotwheels yang dia miliki. Dan hal ini baik untuk tumbuh kembangnya karena pada usianya menjadi lebih jeli atau teliti adalah hal baik artinya untuk bisa jeli dia harus melakukan observasi motif hotwheels dan dia teliti untuk mengingat apa yang sudah dia punya dan mana yang belum.


Anak Menjadi Mahir

Karena hanya suka pada satu benda maka anak bisa menjadi ahli dalam hal ini, dia akan menguasai seluk beluk koleksinya dan dia biasanya juga akan mengetahui hal-hal yang orang lain nggak pikirkan. Kanda juga jadi punya banyak akal untuk membuat hotwheelsnya lebih kencang atau mengatur track hotwheels menjadi lebih seru

Anak Jadi Pintar Berhitung

Mau nggak mau karena mengoleksi hotwheels anakku jadi senang menghitung, kadang aku mengumpulkan warna senada dan memintanya menghitungnya, hobi koleksi barang  itu nggak selamanya burukkan? hehe

Anak Jadi Lebih Gaul

Begitu jalan ke mall dan ketemu track mobilan dan di sana ada anak-anak lain si sulungku langsung menyapa anak-anak yang nggak dikenalnya. Memiliki hobi yang sama membuat mereka langsung akrab. Bersosialiasi itu berat jugakan mengajarkannya nah lewat hobi koleksi hotwheels jadi lebih mudah deh.

Anak Lebih Kreatif

Kadang emaknya yang stres melihat koleksi hotwheelnya di buat macam-macam. Ada saja ide kreatifnya untuk membuat bermain mobilan tak membosankan. Kadang hotwheels itu dia susun berjejer, dia bikin parkir, dia bikin mengangkut batu bila hotwheels berbentuk jeep, belum lagi kalau bagian tracknya kadang dia bentuk dengan berbagai rangkaian.

Anak Jadi Tahu Uang

Hobi koleksi barang membuat anakku jadi cepat tahu arti uang, yah namanya juga beli mainannya rutin mau nggak mau aku memintanya menabung atau memberikan prestasi supaya dia bisa terus mengoleksi hotwheels. Alhasil diapun menabung dan bila sudah cukup maka dia mengajak aku atau ayahnya untuk menambah koleksinya

Anak Lebih Rapih

Karena bentuk mainannya sama maka anak juga akan terbiasa menyusun dengan baik, makanya semua hotwheelnya dia susun rapih di dalam case hotwheelnya. Dia bisa menyusun berdasarkan warna, bentuk atau ciri khas lainnya dan setiap selesai main dia akan merapihkannya sendiri, maklumlah inikan koleksi dia jadi nggak boleh ada yang hilang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x