Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Artikel Utama

Kemarin Aku Membuat Puding Enak Tanpa Agar

26 April 2021   19:03 Diperbarui: 29 April 2021   16:45 2141 16 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemarin Aku Membuat Puding Enak Tanpa Agar
Puding Chia Seed by Ulihape

Kalau ditanya tentang menu buka puasa yang tidak biasa maka jawabanku adalah puding tanpa agar. Emang bisa?

Yup! kemarin untuk pertama kalinya aku membuat puding tanpa agar-agar.

Hah? Ternyata bisa dan kali ini aku membuat Puding Chia Seed Susu Coklat, kalian yang gaya hidup sehat pasti akrab kan dengan Chia Seed? 

Chia seed mirip seperti selasih tapi warnanya lebih terang (keabu-abuan). Chia seed merupakan bijian dari tanaman Salvia hispanica, ternyata meski ukurannya kecil-kecil Chia Seed sangat tinggii serat jadi nggak heran ya kalau orang diet pasti wajib punya Chia Seed.

Chia seed ini mengandung omega-3, antioksidan, kalsium dan serat yang tinggi. Semua kandungan tersebut tentu saja dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang, omega 3 nya menjaga kesehatan jantung dan karena tinggi serat akan mampu menjaga saluran pencernaan yang sehat. Namun demikian meski bagus ternyata dalam satu hari kita hanya boleh mengonsumsi Chia Seed tidak lebih dari 40 gram ya.

Lalu bagaimana Chia Seed bisa menjadi puding? Ceritanya kemarin aku mengikuti cooking class bersama salah satu brand susu murni milklife.id dari sinilah aku mendapatkan resep Puding Chia Seed yang diajarkan oleh Chef Vindex Tengker dan ajaib memang ternyata Chia Seed yang direndam di dalam susu murni selama 2 - 3 jam langsung menyerap susu dan mengental seperti jelly. Penasaran bagaimana membuatnya? Tenang aku bakalan share ya caranya, yang harus kalian pastikan adalah perbandingan susu dan chia seed 1:1.

Ilustrasi puding chia. Sumber: Antaranews.com
Ilustrasi puding chia. Sumber: Antaranews.com
Bahan: Susu murni 500 ml, Chia seed 5 sdm, ini adalah bahan untuk membuat pudingnya. Lalu untuk toppingnya bisa kalian sesuaikan dengan selera. Kemarin Chef Vindex menyontohkan memberi topping kacang mete dan choco chip. Puding nya kita buat berlapis dengan selai kacang. So selain susu dan chia seed kalian harus siapkan selai kacang ya.

Cara membuat: Rendam chia seed ke dalam susu dalam wadah besar selama 2-3 jam dan simpan di kulkas. Setelah chia seed menyatu dengan susu dengan tekstur menyerupai jelly maka proses puding chia seed udah jadi, kini kita tinggal menyetak pudik ke dalam wadah kecil. Boleh ke dalam gelas mini atau plastik khusus puding. 

Susun puding chia seed ke wadah sebanyak dua sendok lalu layer kedua susun selai kacang dan setelahnya susun kembali puding chia seed kembali. Jumlah layer sesuaikan saja dengan wadah kalian ya, setelahnya baru deh kasih topping sesuai kesukaan kalian.

Puding Chia seed ini mirip dengan puding puyo jadi teksturnya memang untuk disendok ya bukan di potong, makanya akupun menyetak puding dalam cup yang sekali pakai aja. Rasanya enak, kenyal dan susunya terasa banget karena memang nggak ada campuran apapun. Untuk 500 ml susu dengan 5 sdm bisa dapat 6 cup berukuran 200 ml. Cara membuatnya pun sangat mudah, dijamin nggak nguras tenaga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN