Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Nostalgia Ramadan Masa Kecil, dari Takut Kentut Sampai Masuk Neraka

19 April 2021   10:26 Diperbarui: 21 April 2021   06:01 1659 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nostalgia Ramadan Masa Kecil, dari Takut Kentut Sampai Masuk Neraka
Ramadan Masa Kecil by Ulihape

Nggak kerasa udah hari keenam aja nih aku mengikuti tantangan dari Kompasiana, tema hari ini kompasianer diminta mengingat kembali nostalgia suasana Ramadan masa kecil. Nggak butuh waktu lama sih untuk mengingat suasana Ramadan masa kecil karena masa anak-anak tuh memang masih aku ingat detail selama ini sebagai modal untuk memahamai kedua anakku.

Nostalgia suasana Ramadan masa kecil juga aku jadikan sebagai panduan juga untuk memahami kedua anakku saat mereka mulai berpuasa. Dan Mashaallah sih anak-anakku sudah mulai berpuasa penuh sejak usia 5 tahun beda dong sama Mamaknya haha. Dulu aku mulai berlatih puasa saat kelas 1 SD usia tujuh tahun. Mungkin alasan orang tua dulu karena saat usia tujuh tahun ini anak-anak juga sudah diajarkan sholat ya, kalau sekarangkan banyak banget ilmu baru yang kita serap bahwa melatih ibadah kepada anak sedini mungkin justru baik. 

Namun begitu ternyata ada persamaan persepsi antara aku dan kedua anakku ketika menjalankan ibadah puasa dan ternyata meski terpaut jarak puluhan tahun dan sudah dalam teknologi yang lebih maju entah kenapa isi kepala anak-anak zaman old dan now sama aja haha. So apa aja sih suasana Ramadan yang bikin ngakak masa kecil ku? Here we go ya!

Kentut dan Pipis Membatalkan Puasa

Dulu abangku bilang kalau kentut tuh bisa batalin puasa, alhasil sampe muka merah padam aku nahanin kentut tapikan ku tak mampu akhirnya tuuuutttt lega tapi aku langsung teriak menangis dan membuat mamak terkejut haha. Setelah paham permasalahan akhirnya Mamak bilang kalau kentut tuh nggak batalin puasa baru deh aku diam dan melanjutkan puasa. Nah pas giliran anakku nih persoalannya bukan kentut tapi pipis jadi ceritanya anak keduaku nggak mau minum banyak saat sahur, alasannya "nanti kalau aku pipis kan batal puasa" Akupun tertawa dan menjelaskan kepada Kayama bahwa apapun yang keluar dari depan dan belakang tak akan membatalkan puasa baru deh dia mau minum banyak saat sahur.

Nggak Mau Buka Puasa Karena Masuk Neraka

Kisah ini adikku yang ngalamin, jadi dia udah nggak kuat melanjutkan puasa lalu Mamak menyuruhnya berbuka puasa toh masih anak-anak inikan? Eh adikku nangis guling-guling nggak berani berbuka puasa karena bakalan masuk neraka haha. Butuh waktu lama untuk meyakinkannya bahwa membatalkan puasa bukanlah dosa bagi seorang anak yang sedang belajar berpuasa. Masuk neraka tuh hanya Allah yang bisa memutuskannya, setelah adikku merasa yakin akhirnya dia berhenti menangis dan mau membatalkan puasanya.

Berendam dalam Bak Mandi Supaya Tahan Sampai Bedug

Salah satu kelakuan kami adik beradik saat kecil begitu ba'da Ashar langsung nyebur ke dalam bak mandi yang ada dalam kamar mandi dan kami rebutan untuk berendam haha. Setiap hari Mamak harus menguras bak mandi, namun tak mengapa demi anak-anak berlatih puasa katanya haha. 

Ngadem Depan Kulkas

Beberapa tahun kemudian setelah mamak punya kulkas kegiatan bertahan puasa sudah tak kami lakukan dalam bak mandi lagi tapi kami pindah ke depan kulkas haha. Lain hal dengan anak-anakku karena Mamaknya punya AC jadi sejak pagi sampai menjelang bedug nyalain AC teros, oh tuhan please billing listrik jangan meletup ya hahaha

Kamuflase dengan Kumur-Kumur

Nah ini nih yang paling konyol menurutku haha, waktu kecil senang banget wudhu dan berkumur-kumur alih-alih melepeh malah ditelan haha padahal air mentah loh wkwkwkw, coba kalau tak puasa ogah bener dah nelan air kran haha.

Well, bagaimana dengan kalian kompasianer pasti punya suasana Ramadan masa kecil yang sulit dilupakan atau kelakua kita sama nih? hehe..selamat berpuasa hari ke tujuh semuanya !

VIDEO PILIHAN