Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Tunjangan Meugang bagi Pekerja di Aceh dan Menu Sahur

12 April 2021   15:08 Diperbarui: 12 April 2021   15:20 2375 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tunjangan Meugang bagi Pekerja di Aceh dan Menu Sahur
Meugang dan Menu Sahur by Ulihape

Hampir 10 tahun terakhir aku bekerja di perusahaan swasta yang bergerak di bidang perkebunan Kelapa Sawit, lokasi kebunnya ada di Meulaboh salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Aceh. Setiap menyambut bulan Ramadan biasanya kebun akan libur selama dua hari, yaitu 1 hari sebelum dan 1 hari sesudah Ramadan. 

Hal ini tentu sejalan dengan peraturan setempat, dimana perusahaan harus memberikan waktu bagi pekerja untuk melaksanakan Meugang. 

Meugang ini sama dengan makna munggahan atau balimo istilah menyambut kegembiraan sebelum Ramadan. Meugang ini identik dengan memberi orang miskin makan daging, jadi biasanya hari ini mereka akan memasak daging dengan olahan khas aceh mirip dengan rendang tapi bukan dimasak menggunakan perasan santan melainkan kelapa yang sudah digongseng. Meugang memastikan semua orang akan punya menu sahur daging di hari pertama puasa.

Rendang khas Aceh warnanya lebih hitam dari rendang Padang dan nanti menantu akan mengunjungi mertua membawa masakan olahan daging, atau sebaliknya orang tua memasakkan anak dan banyak orang mampu juga memberi sedekah daging kepada yang kurang mampu. Ramadan memang bulan penuh berkah bagi seluruh ummat.

Nah yang menjadi karyawan juga diberikan tunjangan Meugang dan besarnya bekisar 150-200 ribu rupiah, ini sebagai modal buat beli daging. Dan setiap tahun menjelang puasa maka kami memberikan Tunjangan Meugang sesuai peraturan pemerintah setempat. Kadang kami yang di HO pengen juga merasakan tunjangan meugang buat modal beli daging haha tapi sayang beda gubernur hihihi jadi deh nggak dapat.

Bagi aku pribadi menjelang puasa tak ada memasak masakan khusus, beda ketika aku tinggal dengan mamak maka menu wajib untuk sahur adalah Sup Tulang Iga, untuk sahur memang akan semangat kalau menunya yang berkuah dan panas sehingga memancing selera makan di sepertiga malam. 

Selain Sup memasak tongseng kambing untuk menu sahur juga sangat mengundang selera, mengolah tongseng kambing cukup mudah karena biasanya aku menggunakan bumbu instant saja. 


Menu sahur lainnya adalah membuat sup kimlo udang dijamin sahurnya nambah deh.


Kalau sudah mentok biasanya mie instant menjadi pilihan biar seger ditambah ceker duh sahur mana lagi yang kau dustakan hehe tahan nafsu biar nggak begah


Hari ini di site sudah libur, kami di kantor HO baru akan libur pada hari pertama puasa. So selamat berpuasa ya teman-teman puasin deh ghibah mumpung belum puasa haha. Mohon maaf lahir dan batin semoga kita diberi kesehatan dan lancar menjalankan ibadah puasa, inshaallah aamiin

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x