Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

6 Bentuk Self Reward yang Positif buat Jiwa

6 Maret 2021   05:50 Diperbarui: 7 Maret 2021   19:58 5949
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Self Reward - by ulihape

Self Reward

Self reward adalah memberikan penghargaan bagi diri sendiri. Apakah penting? Bagiku hal ini sangat penting dilakukan, ketika lelah dan orang lain tak bisa menghibur maka obat terbaik adalah memberikan reward bagi diri sendiri. 

Self reward bisa memberikan efek baik karena ketika kita bahagia otak secara otomatis merelease hormon dopamine yang membuat kita super bahagia. Rasa bahagia akan membuat lelah akan hilang dan kita lebih bisa menghargai orang lain.

Lelahnya sebagai Working Mom

Bagi kaum feminisme garis keras mungkin aku termasuk perempuan bodoh haha, sudahlah bekerja memberikan kontribusi terbesar bagi perekonomian keluarga eh masih cari tambahan pula biar nggak kekurangan plus masih memasak, merawat anak-anak, lelah? 

Ya iyalah bambaaang..kalau aku bilang nggak lelah berarti aku ajaib hehe. Trus kok bisa nggak lelah kak? 

Jawabannya karena aku bahagia, kok bisa bahagia kak? Karena aku menganggapnya bukan sebagai beban, aku juga tak melakukan pengorbanan apa-apa melainkan menjalankan apapun memang untuk diriku.

Salah satu cara terbaik mengusir rasa lelah adalah dengan memberikan self reward. Namun ada banyak orang yang justru salah dalam melakukan self reward.

Mentang-mentang berhasil melakukan satu hal reward-nya malah minum-minum. Nah inikan nggak baik bagi tubuh atau karena merasa jenuh malah membiarkan diri dengan tidak melakukan apapun dalam jangka lama. Self reward yang begini nggak baik dan bisa merugikan diri sendiri dan orang di sekitar kita.

Nah supaya kalian nggak salah pilih dalam memberikan reward kepada diri sendiri aku mau kasih ide self reward yang positif bagi kalian dan semoga saja cocok ya karena ini adalah self reward yang aku berikan kepada diri sendiri selama ini.

6 Bentuk Self Reward yang Positif Buat Jiwa

  1. Hangout, sebagai working mom yang sudah bekerja 5 hari dari 7 hari yang ada which is aku naik motor pula PP 90 km kebayanglah ya bagaimana lelah seluruh badanku. Self reward yang paling mujarab tuh adalah hangout, entah bersama teman atau hanya diri sendiri.
    Friday Night adalah malam yang mampu mengusir lelah dalam seminggu, biasanya aku akan menghubungi teman atau teman yang sudah mengajak ketemuan maka dijadwalkan pada hari Jumat.
    Hangout bersama teman selalu mampu membuat aku termotivasi, mendengar kabar teman, melihat keadaan teman selain mampu bersyukur juga bisa membangun impian.
    Kalau lagi nggak butuh teman aku akan hangout sendiri, seringnya sih mampir ke salah satu mal yang aku lewati dalam perjalanan pulang, kegiatannya bisa hanya ngopi dan duduk menarik nafas panjang, menyeruput kopi perlahan tanpa worry ada yang manggil atau window shopping skincare buat survei harga dan memasang mimpi hehe.
    Nggak usah lama-lama maksimal hanya 2 jam saja bila bersama teman dan 1 jam bila sendirian
  2. Rebahan, yup! Adakalanya aku hanya ingin rebahan tanpa melakukan apapun. Tapi ini juga aku beri batas waktu dan biasanya aku lakukan di hari sabtu bila aku nggak hangout di hari Jumat.
    Aku nggak akan bangun pagi banget seperti weekday, selepas subuh rebahan sambil scroll platform social media bahkan suami juga udah paham banget ritual Sabtu hehe, dia akan beli sarapan, memberi makan anak-anak karena dia tahu ba'da zuhur aku baru akan bergerak melakukan kewajibanku.
    Rebahan tanpa melakukan apapun mampu membuat aku bahagia dan menurutku self reward ini mampu membuat aku bersemangat kembali.
  3. Nonton film, self reward lainnya adalah menonton film dan meski namanya self reward tapi seringnya aku mengajak anak dan suami.
    Mentraktir mereka untuk menonton film adalah self reward ketika aku mendapatkan invoice dari ngeblog. Karena aku bisa ngeblog atau ke event atas support mereka.
    Menikmati waktu santai bersama keluarga juga self reward terbaik, melihat mereka bahagia pasti semua Ibu akan beribu-ribu kali bahagianya, believe me!
  4. Tidur Siang, another self reward terbaik adalah tidur siang. Maklumlah selama weekday aku bangun sejak pukul 3 dini hari so ketika weekend tiba aku selalu menyempatkan diri untuk tidur siang dan ini agenda favoritku. Jarang-jarangkan bisa tidur siang?
  5. Ke Salon, memanjakan diri ke salon sebulan sekali adalah reward yang paling aku sukai dan biasanya aku butuh 4 jam untuk melakukan self reward ini.
    Aku pilih waktu ba'da zuhur supaya aku bisa membereskan rumah baru deh memanjakan diri dengan segala treatment seperti massage, creambath, facial atau refleksi
  6. Holiday, self reward yang bikin bahagia adalah ketika aku bisa berlibur bersama sahabatku. Biasanya sahabat berlibur ini adalah sahabat lama dan nggak menetap satu kota. Kami sering membuat rencana untuk berlibur bersama.

Nah itu dia 6 bentuk self reward yang positif buat jiwa. Ketika aku melakukan self reward selalu ada saja judgement "ih nggak kasihan apa sama anak?" Apa anak kakak nggak nyariin?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun