Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

7 Ide Me Time buat Working Mom

20 Januari 2021   15:03 Diperbarui: 20 Januari 2021   15:13 8022
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjadi working mom ada banyak tujuan, sebagian untuk aktualisasi diri namun ngga sedikit yang seperti ku bekerja untuk menopang perekonomian keluarga. Yang pasti apapun alasan kalian menjadi working mom please enjoy it! 

Bagiku berangkat menuju kantor menitipkan anak-anak di daycare bukanlah hal mudah, dulu ketika mereka masih bayi aku kerap pulang teng go, kaki rasanya ingin berlari dan tak jarang tersandung demi segera bertemu kedua anakku. Usia mereka kini sudah tak balita dan aku merasa punya sedikit waktu luang untuk melakukan kegiatan after office hour. 

Me Time katanya, benar kita harus menikmati hidup tapi pastikan punya sistem support yang baik supaya nggak ada komplain, karena ngadepin komplain itu bisa menghilangkan kebahagiaan me time tadi. Lantas kegiatan me time apa saja yang cocok buat working mom?

Ide Me Time Buat Working Mom 

  1. Merawat Kulit Wajah, me time yang aku rekomendasikan buat working mom adalah maskeran. Maklum ya kalau di rumah baru mau pasang masker pasti udah ada aja ulah anak-anak yang membuat gagal maskeran. Biasanya aku maskeran pas masih di kantor, aku menggunakan jam istirahat untuk maskeran selama 30 menit dan setelahnya baru deh sholat dan makan siang. Menjadi Ibu Pekerja memang nggak mudah tapi yakinlah kalau kita tahu mau ngapain inshaallah ada jalan dan waktunya. 
  2. contoh maskeran saat jam istirahat - hihihi- dokpri
    contoh maskeran saat jam istirahat - hihihi- dokpri
    Mendengar Musik, buat yang kantornya bolehin pakai speaker maka kalian bisa me time dengan dengerin musik favorit kalian. Untuk aku mendengar musik-musik pas aku lagi kasmaran adalah me time juga, rasanya bahagia aja bisa dengerin musik pas kasmaran haha yah meski ada yang bilang halu nggak apa-apa deh yang penting bahagia ya kan?
  3. Lunch Bareng Teman, me time favorit lain yang aku lakukan adalah makan siang bareng teman. Temannya selain teman kantor ya, nah jadwalnya biasanya aku lakukan pas jam istirahat di hari Jum'at. Istirahat hari Jum'at tuh lebih panjang dari hari biasa dan aku akan membuat janji dengan teman baikku untuk lunch di luar. Bertemu teman adalah me time yang bisa merefresh diri juga, mendengar kabar teman bisa membuat aku lebih bersemangat.
  4. Massage, me time lain adalah pergi ke salon pijat karena di dekat kantor kebetulan memang ada tempat reflexy. Biasanya aku hanya refleksi dan totok wajah. Bahagia banget kalau bisa dipijat tanpa ada gangguan anak-anak hehe. Kegiatan ini aku lakukan saat bos lagi ke site atau after office hour.
  5. Menulis, well karena aku seorang blogger jadi menulis itu termasuk area me time bagiku. Biasanya aku lakukan ketika pekerjaan sedang tak banyak atau di jam istirahat makan siang, karena kalau lagi mood menulis itu hanya butuh 30 menit. 
  6. Main Game, aku sebenarnya nggak suka main game tapi ada teman di kantor yang me time nya adalah main game dan menurut temanku dengan main dia bisa merasakan bahagia, dalam sebuah game menurutnya ada strategi-strategi yang bisa dia pelajari untuk menjalani kehidupan dan karena anaknya sudah remaja suka main game juga, maka main game itu bukan sekedar me time tapi sebuah media untuk menjalain komunikasi dengan anak-anaknya.
  7. Window Shopping, me time yang bikin kaki pegel tapi hati bahagia adalah window shopping, jalan-jalan aja gitu sambil lihat barang-barang yang bikin hati bahagia. Friday night adalah hari yang pas untuk melakukan kegiatan ini, setelah pulang ngantor kebetulan dekat omprengan ada mall jadi aku biasanya melipir ke sana buat sekedar melihat aneka aksesoris aja, tapi kalau pas nemu harga bagus ya beli juga sih. 

salah satu window shopping kuh... (Dokpri)
salah satu window shopping kuh... (Dokpri)
Itu dia 7 ide buat para working mom yang pengen me time. Kalian tinggal sesuaikan jadwal saja kalaupun nggak bisa pas jam kerja please kalian luangkan waktu buat sekedar menikmati diri kalian. Kadang ada teman yang nanya apa nggak merasa berdosa sama anak-anak? Jawabanku tidak! Karena aku hanya menikmati waktu yang tak seberapa bila dibanding dengan waktu membersamai anak-anak selama ini. 30 menit me time itu bisa menjadikan aku jauh lebih baik, kalau kita lelah dan bete ujungnya yang susah kan anggota keluarga. Ada berapa banyak Ibu yang menyiksa anaknya dengan alasan kejiwaan? Semua itu dipicu rasa lelah yang tak disadari. 

Me time 30 menit akan menghadirkan diri kita yang lebih baik jadi nggak ada salahnya kalian harus lakukan me time. Dulu Ibuku suka merasa heran melihat Ibu Pekerja menikmati makan siang sendirian tanpa anak-anaknya, dulu aku nggak paham dan perasaan "aneh" dimata Ibuku karena memang beliau seorang Ibu Rumah Tangga. Namun ketika aku menjadi working mom aku bisa merasakan bahwa apa yang dilihat Mamak itu nggak benar, ketika aku menikmati makanan sendirian aku merasa senang, bisa makan tanpa harus memikirkan anak-anak sekejap. Me Time itu hanya sepersekian waktu , jadi kalau dibandingkan dengan waktu yang sudah kita berikan bagi keluarga itu bukanlah apa-apa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun