Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

5 Tools Gratisan Buat Mulai Ngeblog

16 Juli 2020   14:03 Diperbarui: 16 Juli 2020   13:58 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jadi blogger aja, duitnya banyak loh!

Well, ungkapan diatas gak salah, yang salah adalah sikap kita yang melihat kesuksesan orang lain sebagai jalan pintas. Padahal kalau kita mau dengarin cerita blogger sukses wuiihh perjalanannya gak singkatloh, jadi buat kalian yang baru mau jadi blogger ada baiknya jangan mikirin "cuan" nya tapi coba cari tahu dulu "kok bisa ya blogger yang ono sukses?"

Aku pribadi memang suka menulis sejak SD, apalagi dulu kerap ada lomba mengarang dalam pelajaran Bahasa Indonesia, berlanjut menghabiskan masa remaja dengan buku diari, sampai akhirnya aku berkenalan dengan multiply dan firendster barulah aku suka menulis secara digital.

Blogger memang belum menjadi pekerjaan profesional, karena menulis ini memang merupakan salah satu jenis hobi. Nah dulu penulis yang menghasilkan uang tuh bukan blogger melainkan memang penulis buku. Namun sejak tahun 2000-an gaya hidup mulai bergeser dimana orang-orang menyukai experience user makanya dulu mah blogger nulis-nulis aja boro-boro deh dapat bayaran hehe.

Tapi sekarang penglaman kita dalam menggunakan produk bisa banget menghasilkan, jadi gak heran banyak anak muda saat ini tertarik menjadi blogger.

Nah buat kalian yang sedang memulai jadi blogger, kalian bisa latihan menulis di Kompasiana dulu. Kenapa Kompasiana? enggak tahu ya, menurutku keren aja sih kalau kalian berani menjadi kompasianer, peluang tulisan kalian dibaca oleh banyak orang dengan berbagai karakter jauh lebih luas disini.

Artikel kali ini aku mau share buat kalian, aplikasi gratisan yang bisa kalian gunakan untuk menunjang tulisan kalian, dan aplikasi ini ada versi premiumnya, tapi aku yang dianggap udah senior (tua, red) juga masih menggunakan tools gratisan ini buat menunjang tulisan di blog ku.

5 Aplikasi Gratisan Buat Ngeblog

  1. Email, kalian bisa buat secara gratis mau yahoo or gmail? Aku sarankan better gunakan gmail karena blogspot itu punya google dan buatlah alamat email sesuai nama asli kalian supaya memudahkan berbagai urusan perblog-an kedepannya.
  2. Website, kalian harus punya media blog. Ada banyak platform gratisan yang bisa kalian manfaatkan seperti kompasiana, kumparan, blogspot atau wordpress. Ngak usah mikirin domain berbayar, temukan dulu keasyikan menulis, perbanyak tulisan sampai kalian menemukan sebuah keseriusan 'gue pengen lebih' maka melangkah ke website personal, go! Aku memulai justru dengan menulis di platform gratisan, lalu karena aku tahu ada kebih banyak peluang bagi blogger yang memiliki web pribadi akhirnya aku baru membuat Ulihape.com dengan tekad aku harus bisa balik modal haha. Nah untuk user name usahakan menggunakan nama asli kalian ya atau nama blog juga sebaiknya dari awal sudah menggunakan nama asli dan kalau bisa sesuaikan dengan alamat email biar klop aja hehe. Tapi kalau dari awal mau serius ngeblog maka mulailah dengan memiliki blog dengan domain berbayar.
  3. Social Media, wajib banget kalian miliki karena kita butuh tempat mempromosikan dan social media adalah tempatnya. Saat ini aku memiliki Facebook, Instagram, Linkedin, dan Twitter dan semuanya Gratis! Nah akun sosial media kalian juga usahakan senama dengan email dan blog kalian, ini yang disebut branding diri.
  4. Aplikasi Edit Poto, di smartphone ku ada Canva, Snapseed dan Picsart yang gratisan So far sudah bisa memenuhi kebutuhanku dalam menunjang tulisanku. Edit poto bagiku penting karena aku ngak jago motret jadi dengan aplikasi edit photo ini aku bisa memperbaiki kualitas photo yang aku ambil dengan smarthphone. 12 tahun menulis modalku hanya kamera hp haha. Snapseed sering aku gunakan untuk memperbaiki cahaya photo dan meluruskan photo yang ngak proporsional. Pics art sering aku gunakan untuk penyesuaian warna, fitur yang sering aku gunakan adalah change colour. Dengan fitur ini aku bisa mengubah warna baju sesuai ketentuan klien haha. Kalau Canva aku gunakan untuk membuat ilustrasi photo artikel.
  5. Aplikasi Video, pilihanku adalah VivaVideo karena cukup mudah menggunakannya. Kenapa butuh aplikasi edit video? Karena tulisan akan makin real ketika kalian bisa menambahkan penunjang berupa video yang bisa kalian post di sosial media atau ditambahkan kedalam tulisan dalam blog. Versi gratis hanya bisa mengedit video dengan durasi 5 menit dan hasil edit mempunyai watermark. But it's OK bagi blogger pemula.

Modal awal sebagai blogger cukup miliki dari poin 1 sampai 5, ke lima tools ini bisa kalian miliki secara GRATIS dan tersedia juga dalam versi berbayar. Aku pribadi baru no 2 dan 5 yang berbayar dan itupun masih sangat terjangkau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun