Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Tak Adakah Anggrek Indonesia untuk Ibu Negara?

10 Oktober 2019   10:15 Diperbarui: 10 Oktober 2019   17:39 0 7 4 Mohon Tunggu...
Tak Adakah Anggrek Indonesia untuk Ibu Negara?
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menyaksikan bunga yang diberi nama ‘Dendrobium Iriana Jokowi’, di Singapura, Rabu (29/7/2015). Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Anggrek Iriana Jokowi Mulai Dikembangbiakkan. | setkab.go.id

Status Facebook Pak Jokowi tentang Anggrek Iriana Jokowi cukup menarik perhatian banyak pihak. Dan sebagai salah satu follower fanpage Pak Presiden, maka saya baru tahu kalau di Botanical Singapura ada tanaman anggrek yang diberi nama Dendrobium Iriana Jokowi.

Yup bukan hal baru kalau Singapura memang gemar memberi penghargaan bagi tokoh-tokoh penting dalam bentuk mengabadikan namanya kepada varietas baru tanaman anggrek, dan Ibu Iriana bukanlah yang pertama sebelumnya Singapura juga memberi penghargaan kepada Ibu (alm) Ani Yudhoyono sebuah hasil persilangan terbaru anggrek (2005) dengan nama Dendrobium Susilo Bambang Yudhoyono Ani.

Image by ulihape
Image by ulihape

Dalam statusnya Pak Jokowi mengisahkan sejarah anggrek tersebut seperti yang saya kutipkan di bawah ini:

"Di Singapura kemarin, Perdana Menteri Lee Hsien Loong memamerkan kepada saya anggrek Dendrobium Iriana Jokowi yang tengah mekar di jambangan bunga di ruang utama The Istana. Nama anggrek hibrida ini memang diambil dari nama Ibu Negara. Ceritanya, empat tahun lalu, kami mendapat kehormatan sebagai tamu di Singapore Botanic Gardens, Singapura. Oleh tuan rumah, nama Ibu Negara kemudian diabadikan untuk satu jenis spesies anggrek yang baru disilangkan di kebun botani negeri itu. Nama anggrek silangan itu Dendrobium Iriana Jokowi."

Anggrek memang merupakan tanaman hias yang indah, akupun menyukai tanaman ini namun karena keterbatasan memang belum sanggup memutuskan untuk memiliki tanaman anggrek. Sejak dulu bunga anggrek disimbolkan sebagai kemewahan, tentang cinta dan keindahan yang abadi.

Hal ini tentu saja karena merawat anggrek tak semudah tanaman hias lainnya. Butuh proses panjang untuk menunggu hadirnya kuncup bunga, bahkan Anggrek Iriana Jokowi saja sempat dipelihara di Kebun Raya Bogor dan butuh waktu satu tahun baru ada bunganya. Tak heran bila tanaman anggrek kalian berhasil berbunga itu adalah puncak kebahagiaan.

Bu Ani Yudhoyono (Alm) bersama Angreknya, sumber poto : nas.gov.sg
Bu Ani Yudhoyono (Alm) bersama Angreknya, sumber poto : nas.gov.sg
Lalu aku iseng mengunjungi fanpage salah satu komunitas pencinta anggrek, sekadar ingin tahu ada kehebohan apa sih di sana? Benar saja sudah ada banyak diskusi di sana dan salah satunya cukup menggelitik karena sama persis dengan isi kepalaku.

Selain ada yang bertanya berapa harga anggrek Iriana Jokowi maka satu komentar yang senada dengan isi kepalaku adalah kenapa sih Indonesia enggak buat juga? Masak adanya Mall Anggrek doang? Hihihihi.

Well, karena aku tergabung dalam beberapa komunitas pencinta anggrek maka selalu senang melihat ada banyak jenis anggrek di Indonesia.

Belum lagi kalau ada member yang share menemukan anggrek hutan dengan warna yang khas, atau ada yang berhasil melakukan persilangan anggrek secara otodidak maka wajar aku bertanya, "Haloooo Indonesia, ke mana anggrek kita? Tak berniatkah kalian melakukan persilangan dan memberinya kepada orang penting di negeri ini?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x