Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Menyusun Menu Sahur dan Berbuka Menyambut Ramadan

16 Mei 2018   14:34 Diperbarui: 16 Mei 2018   14:46 789
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

thrkompasiana1 , iya tahu ketinggalan, lah kurang sosialisasi nih hahaha

Menyambut bulan suci Ramadan hal yang menjadi ciri khas di keluarga kami adalah Ziarah Kubur, apalagi sejak menikah maka kebiasaan menyambut Ramadan dengan mengunjungi makam keluarga adalah hal yang kerap kami lakukan. Perbedaannya adalah tahun ini jumlah kubur yang aku datangi semakin banyak. Kalau tahun lalu hanya ada 3 makam tahun ini menjadi 6 makam.  

Tahun ini ada dua abang ipar yang berpulang sebelum Ramadan plus satu anak dari almarhum abang ipar sehingga rasa sepi pun melanda keluarga besar kami. Setelah berziarah seperti ada rasa rindu yang lepas, ada asa untuk terus bisa bertemu dengan Ramadan tahun berikutnya.

PERSIAPAN MENYAMBUT RAMADAN

Sebenarnya enggak ada yang istimewa. persiapan hanya sebatas ngumpulin stock makanan (baca : sirup) biasanya sebulan sebelumnya aku sudah membeli beras, sirup, dan bahan pokok lainnya untuk persiapan selama bulan Ramadan. 

Maklumlah aku kan blogger, mamak dari dua balita plus buruh di perkebunan sawit kebayanglah kelen yaa sama kesibukan ku. Nah supaya selama bulan puasa aku agak santai enggak kalang kabut mengejar waktu berbuka eh maksudnya sholat taraweh maka satu hal yang sudah aku lakukan sejak menikah adalah menyusun menu sahur dan berbuka. 

Buat mamak-mamak macam aku ini termasuk pekerjaan berat haha saban hari ditanyain "mi hari ini kita berbuka dengan apa ?". Alhasil aku selalu menyusun menu sahur dna berbuka selama 30 hari, eh kecuali weekend aku skip karena berharap ada undangan bukber hihi. 

Untuk waktu menyiapkan masak sahur sebenarnya juga gak berbeda dengan hari bisa, karena aku selalu bangun dari jam 3 pagi untuk memasak makanan kami sekeluarga. Setiap hari aku, suami dan anak-anak membawa bekal ke lokasi kami masing-masing semoga niat di hatiku bisa tersampaikan "sesibuk apapun mami tapi mami ada didalam setiap kunyahan mu?" haha.

Menu Sahur

Untuk menu sahur bisanya aku buat yang sesederhana mungkin dan biasanya seputar dunia per sup-an. Kuah hangat paling pas menemani sahur yang suasana nya selalu melankolis karena ngantuk. 

Hari pertama sudah dipastikan kiriman Rendang dari mamak di Kampung menjadi menu wajib saat sahur, plus sup iga sapi. Sup lainnya adalah sup kepiting, sup sayur ayam brokoli, sup ikan, sup kerang ijo, Pindang ayam dan semalas-malas nya adalah indomie rasa kare hahaha. Selain menyusun menu sahur, untuk minuman saat sahur pilihan sampai hari akhir puasa adalah susu coklat, dan kehadiran buah-buahan akan kerap ada disaat sahur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun