Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Waspadai Penipuan Bermodus Jasa "Cleaning Service"

24 Mei 2017   08:26 Diperbarui: 24 Mei 2017   20:23 5057
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

[Modus Penipuan] Jasa Cleaning Service 

Kok bisa sih kena tipu ?Bagi korban jelas tak ingin ditipu atau tertipu, tapi entahlah ada saja masa dimana keadaan yang begitu pas dengan kebutuhan kita, sehingga tak terpikirkan lagi bahwa itu penipuan, apalagi dilakukan dengan sangat nyaman.

Yup, aku kena tipu ! Jangan buruk sangka dulu li ! Gak bisa gak!. Awalnya sudah mencoba berbaik sangka, tapi penemuan fakta-fakta terpaksa membawaku kepada sebuah kesimpulan bahwa aku ditipu dengan smooth!

Begini Ceritanya ...

Aku mempunyai niat untuk memanggil jasa bersih-bersih melalui aplikasi online, namun selalu tak tepat waktunya ditambah pula keraguan karena tidak mengenal orang yang akan datang ke rumah. Disaat bersamaan seorang teman blogger memposting di instagramnya sebuah review tentang alat pembersih debu, dan diakhir testimoninya ada tanya siapa yang mau free trial ? Mendengar gratis trus lu tergoda li ? Bisa jadi begitu, tapi bukan itu. Aku merasa wah pas banget nih, kebetulan lagi butun toh ? Langsung aku komen bisa ngak aku ? Dan kalaupun bayar gak papa deh karena memang butuh. Jadi murni gak ngarap gratis, bersedia membayar. Alasanku langsung tertarik karena merasa nyaman, ah sudahlah gunakan jasa yang direview teman ini sajalah. Merasa nyaman karena review datang dari seorang teman, hanya itu alasan paling kuat.

Gak berapa lama ada sebuah pesan WA, memperkenalkan diri dan menyampaikan bahwa mendapat nomor saya dari teman yang mereview tadi. Aha..senang donk membayangkan rumah akan bersih dari debu. Datanglah 3 pria, berbadan tambun satu dan duanya berperawakan sedang biasa saja. Mereka pun langsung menunjukkan cara kerjanya, si pria tambun mengaku bernama Andi menunjukkan video-video jasa cleaning service mereka. Wah semakin tertariklah saya, karena mereka bisa membersihkan gorden, AC dan mencuci kasur dan sofa. Langsung atas kemauan sendiri saya menanyakan biayanya, karena memang itu yang saya butuhkan. Kasur kaminsudah penuh noda tumpahan susu anak-anak. Dan hal yang dijelaskannya adalah :

1. Bahwa saya bisa mendapatkan sebuah paket bersih-bersih senilai 600 ribu tetapi hanya membayar 300 ribu saja, caranya ? Cukup refrensikan 10 nama teman. Well bukan perkara susah right ? Iya deal !

2. Bahwa paket yang diambil baru bisa dikerjakan paling cepat setelah 4 hari pembayaran. OK deal juga karena aku bekerja dan baru ada saat weekend, jadi klop. Sebenarnya saya sempat menggoogling nama jasa cleaning service mereka dengan keyword penipuan, dan tak menemukannya.

3. Bahwa jasa cleaning service mereka dijual di carrefour, bisa dibeli disana hanya diskonnya cuman 25%, beda hal dengan transaksi on the spot seperti sekarang. Masalah diskon sebenarnya tak menarik, toh ketikapun saya membyar 600 ribu untuk 4 ruangan dengan segala horden, tempat tidur dan sofa yang harus dibersihkan ini masih murah.

4. Bahwa paket 300 ribu itu disertai 6 voucer bernilai 50 ribu, nanti setiap kedatangan silahkan diserahkan kepada petugas, dan semua vocer bisa langsung dihabiskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun