Mohon tunggu...
Ulifah Tata
Ulifah Tata Mohon Tunggu... Konsultan - tinggi badan 160

160, wanita

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Dukungan OPD Kabupaten Probolinggo untuk TB Day 2023

7 April 2022   11:10 Diperbarui: 7 April 2022   11:40 151 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Rembug Pemangku kepentingan Komitmen Eliminasi TBC tahun 2022 di Kabupaten Probolinggo yang dilaksanaan Oleh SSR Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera Kabupaten Probolinggo. dilaksanakan  pada hari Jumat, 1 April 2022, di  Perpustakaan Daerah Kabupaten Probolinggo. 

Kegiatan di hadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah 5 orang yaitu Dinas Kesehatan, Badan Perencanaan PEmbangunan Daerah, Dinas sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Diskominfo. CSO 3 unsur : PPNI (Persatuan Perawat), PATELKI, KPA, Rumah sakit Waluyo Jati, Rumah Sakit Tongas, CSR, FKPS, Perwakilan Kader TBC Se Kabupaten Proboliggo. 4 perewakilan Kader TBC, Ketua Yayasasan Yahbysa, dan 2 staf Program Yahbysa.  

Kegiatan ini dilakukan Karena saat ini Target tahun 2021 sebanyak  2300 temuan penderita TBC di kabupaten Probolinggo belum tercapai, baru 1193 kasus. SEdangkan Target terduga sebanyak 12.000 baru tercapai 3000 orang.

Dukungan dari OPD terkait  Bappeda, BPM D, Dinkes, Kominfo, Dinsos, serta CSO sangat membantu proses Eliminasi TBC. Insyallah Perda Akan mulai disusun, dan targetnya 2023 sudah bisa direalisasi

Dari hasil rembug tersebut Dari dinsos juga mensuport untuk tahun 2022 kedepan, ada bantuan sosial sebesar 3.600.000/tahun. alokasi untuk 200 orang yang tidak termasuk dalam data penerima PKH dan bansos lainnya. Karena baru skrng Dinsos mengetahaui permslahan penderita TBC di lapangan. Sebelumnya hanya Penderita HIV saja yg masuk di Bansos.

Dari DPM D, Untuk Honor Kader, ada support dari Dana Desa yang sudah dimandatori untuk perencanaan di desa. Kalo sbelumnya berbunyi Kader Posyandu, saat ini sudah dirubah PEDUM menjadi Kader saja, dan Kader TB bisa msuk dilamnya, melalui perencanan Musrenbangdes dan dimuat dalam RPJMDEsa, Kami sedang inisisasi supaya ini bisa direalisasikan kedepannya.

Sedankan dari Kominfo juga di bantu untuk media kampanye penanggulangan tbc melalui webside dan medsos. Kominfo, podcas diradio Kominfo, dan ada media portal milik Kominfo juga. Tergantung kita nanti tema untuk penanggulanagn tbcnya berupa apa..kalau video trond masihbeusak..kalau video trond SDH perbaikan bisa digunakan. Dari RSUD Tongas sudah punya tron juga...kita boleh meggunakan.

Di rumah Sakit Tongas untuk promosi kesehatan termasuk penanggulangan Penyakit menular yang salah satunya TBC juga sudah menggunakan media Video tron untuk edukasi masayarakat pengunjung atau yang melintas di rumah sakit tersebut agar memahami cara penularan, pencegahan maupun pengobatan TBC.  Dari Patelki sudah dilakukan pemeriksaan dahak melalui TCM secara gratis, termasuk proses pemeriksaan sampai dengan pengobatan di Puskesmas dilakukan secara gratis. 

Untuk itu dukungan dari dinas Kesehatan untuk eliminasi TBC ini sangat dibutuhkan. Peran serta Kader TBC yang ada diwilayah Kabupaten Probolinggo perlu di tingkatakan juga. Diharapkan juga dari CSR memberikan dukungan penuh untuk turut berpartisipasi mendanai kegiatan dan kebutuhan eliminasi TBC di Kabupaten Probolinggo. 

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan