Mohon tunggu...
Ulfha Masruroh
Ulfha Masruroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hambatan dan Problem Pembelajaran di Masa Pandemi

19 Juni 2021   05:33 Diperbarui: 19 Juni 2021   05:34 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Telah kita ketahui sekarang ini covid 19 sudah menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu upaya pencegahan covid 19 adalah pemerintah membuat peraturan pembelajaran daring dan belajar dirumah masing-masing dengan berbantuan handphone maupun laptop dengan koneksi jaringan internet.

Akibat Corona semua mengalami perubahan seperti masalah ekonomi, social budaya dan pendidikan. Dulu pembelajaran di sekolah maupun di perguruan tinggi dilaksanakan secara tatap muka, akan tetapi sekarang pembelajaran harus dilaksanakan secara online.

Pembelajaran daring harus ada jaringan internet. Koneksi jaringan internet yang kurang maksimal, kuota harus tinggi, handphone kurang canggih menjadi penyebab susah untuk menggunakan internet teruntuk anak-anak yang kurang mampu, tempat tinggalnya sulit menggunakan internet, apalagi siswa yang rumahnya diwilayah pedesaan, terpencil. Hal ini juga menjadi permasalahan yang terjadi pada siswa yang mengikuti pembelajaran dan pasti mereka melekasanakan pembelajaran tidak maksimal dan optimal.

Dengan melakukan pembelajaran daring mereka semakin sering dan semakin lama menggunakan handphone untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliah. Hal itu juga yang membuat mereka mengalami keluhan fisik terbanyak seperti mata kelelahan dan sakit kepala. Begitu pula dengan keluhan psikologis.

Solusi atas permasalahan ini adalah pemerintah harus memberikan kebijakan dengan membuka gratis layanan aplikasi daring bekerjasama dengan penyedia internet dan aplikasi untuk membantu siswa yang terhambat dengan permaslaahan tersebut.

Guru harus lebih kreatif dan efektif dalam melaksanakan pembelajaran daring supaya siswanya tidak jenuh harus belajar online terus menerus. Karena ada sebagian guru mengaku kalau pembelajaran daring tidak efektif, lebih efektif lagi pembelajaran bertatap muka langsung dan lebih lengkap dan jelas.

Dengan demikian guru dituntut mampu membuat pembelajaran daring yang menarik, efektif dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Hal yang paling sederhana dapat dilakukan oleh guru bisa dengan memanfaatkan group Whatsapp.

Semoga pandemi cepat berakhir dan dunia cepat pulih seperti dulu, Sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana secara tatap muka. Aamiin..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun