Mohon tunggu...
Ulfa Ayu
Ulfa Ayu Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Graphic Designer

Penyuka kuliner yang lebih takut ketinggalan handphone daripada menjadi gemuk

Selanjutnya

Tutup

Money

Siapa Ingin Berbisnis Kuliner?

13 Januari 2020   21:22 Diperbarui: 13 Januari 2020   21:23 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang mencoba peruntungan di bisnis kuliner, bahkan banyak pula pengusaha yang melebarkan sayap, merambah ke bisnis kuliner. Alasannya mungkin sederhana, karena kebutuhan makan adalah primer dan mencakup semua orang.

Walaupun begitu, tetap saja kita harus mempersiapkan banyak hal sebelum membuka bisnis kuliner. Sama halnya dengan bisnis lainnya, bisnis kuliner juga membutuhkan persiapan yang matang agar sukses dan bertahan lama.

Tentukan Target Pasar yang akan Dituju

Dalam bisnis kuliner, menetukan target pasarnya, susah-susah gampang. Kenapa demikian? Karena target pasar dalam bisnis ini sangatlah luas. Tetapi, tetap saja kita bisa kok menentukan target pasar yang akan dituju secara spesifik. Bila telah ditentukan secara spesisfik, ini akan memudahkan kita untuk mendapatkan konsumen yang tepat.

Inovasi, yang Membedakan dengan Sesama

Inovasi adalah kunci utama dalam bisnis ini, mulai dari rasa, tampilan, bentuk, kemasan hingga penyajian dapat menjadi pembeda diantara sesame pebisnis lainnya. Sesuatu yang mungkin biasa saja, bila disajikan dengan cara yang berbeda atau dipadukan dengan rasa yang berbeda akan menciptakan sebuah kebaruan yang menarik orang untuk mencoba.

Lokasi, Lokasi, Lokasi

Lokasi yang strategis sangat krusial dalam menjalankan bisnis kuliner, apalagi saat baru memulai. Lokasi yang ramai, mudah diakses, fasilitas parkir dan kedekatan dengan target pasar hendaknya menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi. Petakan pula siapa pesaingmu di lokasi tersebut dan bagaimana kamu mempersiapkan diri untuk bersaing dengan mereka.

Program Promosi yang Tepat Sasaran

'Word of Mouth" sering dianggap sebagai promosi yang paling ampuh dalam bisnis kuliner. Tetapi, harus diingat untuk menciptakan ini bukan perkara mudah. Menarik konsumen untuk datang dan mencoba adalah langkah awal yang harus dilakukan. Setelah itu, pastikan mereka puas dengan sajian dan pelayanan, untuk kemudian mereka datang kembalui dan lebih jauh lagi, menyampaikannya ke orang lain. Saat ini, semua itu dapat dilakukan dan disiasati dengan penggunaan media sosial maupun bergabung dengan layanan ojek online.

Proyeksi Keuangan yang Matang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun