Mohon tunggu...
Ulfa FajerianaBudiarsa
Ulfa FajerianaBudiarsa Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa semester 4

Selanjutnya

Tutup

Travel

Tambrauw dan Segala Keindahannya

17 Mei 2019   13:48 Diperbarui: 17 Mei 2019   13:53 0 1 0 Mohon Tunggu...

Berbicara tentang keindahan Papua memang tiada akhirnya,. Banyak keindahan Tanah Papua yg menjadi tempat wisata dan bahkan sampai terkenal di Mancanegara. Dimana lg kalau bukan di Raja Ampat, kepulauan yg terkenal dengan Telaga bintang ini merupakan tempat wisata incaran semua orang. Tidak sedikit turis dari luar Negri maupun Artis papan atas yg telah berkunjung kesana.

Tapi, yang akan saya bahas kali ini bukanlah Raja Ampat, melainkan Tambrauw. Tambrauw merupakan kabupaten pemekaran baru di Papua Barat. Meskipun Tambrauw adalah daerah pemekarab Baru tapi wilayah Tambrauw sangat luat. 

Yang pertama akan kita bahas adalah Sausapor. Sausapor adalah ibukota Tambrauw , luas Sausapor memang tidak terlalu luas, tapi penduduk di Sausapor cukuplah padat. 

Sausapor terletak di Pesisir pantai, dan karena itu tidak heran suhu di sana sangatlah tinggi. Untuk seseorang yang baru menginjakkan kaki di Sausapor mungkin akan merasa tidak betah karena panas yang sangat menyengat. Tapi, pemikiran itu akan segera hilang jika anda mengunjungi Pantai nan Indah di Sausapor. Pantai disana sangat bersih, tidak seperti Pantai di perkotaan yang sudah sangat tercemar dengan sampahnya. Airnya pun sangat jernij, dan membuat kita tergoda untuk segera berenang.. Ada sebuah pantai yang cukup terkenal disana yang di namakan 'Batu Kapal'. Batu Kapal adalah pantai yang terdapat batu panjang nan besar, ombak disana pun sangatlah berbahaya sehingga Batu Kapal hanya dijadikan sebagai tempat piknik bukan tempat untuk berenang. 

Meskipun Sausapor adalah wilayah yang tidak terlalu terkenal, namun sudah banyak turis yang datang berkunjung kesana,. Pada bulan bulan tertentu, ada musim yang dinamakan 'Musim Penyu' ialah disaat Penyu Belimbing atau spesies penyu terbesar di dunia akan bertelur. Kebanyakan orang mengetahui bahwa penyu belimbing hanya bertelur di Air Hitam, Bengkulu. Tapi sebenarnya Penyu belimbing juga sering datang untuk bertelur di Daerah terpencil Tambrauw yang dinamakan Batu Rumah, distrik Abun. Jaraknya dari Ibukota lumayan jauh yakni 3 jam perjalanan menggunakan speedboat dari ibu kota.

Wilayah Abun yang cukup terpencil dan berada di pinggir pantai dan di dalam hutan sehingga tidak banyak orang yang berkunjung kesana, Penduduk disana pun hampir semuanya adalah penduduk asli. Pemandangan disana sangatlah Indah dan sangat bersih, tiada satupun sampah industri yang terdapat disana.

Jadi jika kalian ingin mencari tempat wisata untuk liburan, jangan ragu untuk datang ke Tambrauw, kalian juga bisa menemukan seorang pemandu wisata untuk menemani kalian berkeliling di daerah2 indah di Tambrauw. Asyiik