Mohon tunggu...
Ulfa Dinyah Fitri
Ulfa Dinyah Fitri Mohon Tunggu...

Public Relations student at President University.Certified Junior Public Relations by BNSP.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Garuda Select, Harapan Baru bagi Pecinta Sepak Bola Tanah Air

25 Maret 2019   18:12 Diperbarui: 11 April 2019   14:25 0 5 2 Mohon Tunggu...
Garuda Select, Harapan Baru bagi Pecinta Sepak Bola Tanah Air
Sumber Gambar: tribunnews.com

Masih tersimpan di benak para pecinta sepak bola tanah air akan prestasi yang telah diraih Timnas U-16 di piala AFF tahun lalu.  Untuk pertama kalinya, Indonesia meraih juara AFF di tingkat umur dibawah 16 tahun.  Jelas, prestasi ini menjadi harapan baru untuk kemajuan sepak bola tanah air.  Mengingat pemain usia muda akan menjadi bibit-bibit yang diandalkan untuk tim nasional di masa depan.

PSSI sebagai federasi yang menaunginya, telah mengambil langkah bijak untuk memberdayakan bibit-bibit unggulan tersebut.  Diawal tahun 2019, terobosan baru dilakukan oleh PSSI dengan meluncurkan program bernama Garuda Select.  Program ini merupakan pelatihan profesional sepak bola di Inggris, dengan mengirimkan 24 pemain berusia U-17 selama enam bulan, yang kemudian akan diproyeksikan untuk 10 tahun mendatang.  Program yang bekerjasama dengan SupersoccerTV ini, mengirim 24 pemain berusia U-17 sejak bulan Januari lalu.  

Seperti dikutip dari Suara.com, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan bahwa program Garuda Select bertujuan memajukan pemain muda untuk masa depan dan juga menjadi modal kuat PSSI untuk mengejar ketertinggalan dari negara maju.

Para pemain yang tergabung dalam Garuda Select mendapatkan pelatihan dengan standar Eropa, baik di dalam dan di luar lapangan, serta berkompetisi dengan akademi dari klub-klub Liga Inggris.  Pelatihan ini dikepalai Dennise Wise yang merupakan eks pesepak bola professional dari inggris.  Adapun Des Walker, ditunjuk sebagai pelatih sementara dari tim Garuda Select.

Tidak hanya pemain, beberapa pelatih tim maupun klub nasional seperti Bima Sakti Tukiman, Ilham Romadhona, I Gede Mahatma Dharma, dan Sofyan hadi juga ikut dikirimkan ke Inggris.  Mengingat, pelatih merupakan otak untuk sebuah tim.  Penting rasanya bagi PSSI untuk melibatkan para pelatih nasional dalam program Garuda Select ini.

Program Garuda Select ini sendiri menjadi perhatian publik, seiring berkembangnya animo masyarakat terhadap dunia sepak bola, khususnya sepak bola tanah air.  Harapan-harapan yang muncul dari masyarakat Indonesia mengenai kemajuan sepak bola tanah air, serta kerinduan-kerinduan masyarakat untuk merayakan gelar juara di kancah internasional, hendaknya menjadi poin penting bagi PSSI untuk merealisasikan dan mewujudkannya.  Tidak hanya dari federasi, para pemain, pelatih, maupun jajaran lainnya hendaknya juga menjadikan hal ini salah satu alasan untuk mampu berprestasi.

"Kami harap, program Garuda Select ini dapat dimaksimalkan untuk menggali potensi-potensi para pemain muda, sehingga kami dapat melihat pemain-pemain muda ini membawa nama Indonesia ke Piala Dunia." komentar salah satu pecinta sepak bola tanah air di akun Instagram @mysupersoccer.

Selain itu, pemerintah pun juga ikut menaruh harapan besar untuk persepakbolaan Indonesia kedepannya.  Pemerintah turut aktif mengapresiasi dan menfasilitasi guna meningkatkan kualitas persepakbolaan Indonesia.

SupersoccerTV pun juga ikut memegang peran penting sebagi media yang mendokumentasikan perjalanan pemain muda dalam program Garuda Select ini.  SupersoccerTV mampu menjadi jembatan untuk para pecinta sepak bola tanah air, agar dapat terus mengamati perkembangan para pemain muda di kancah internasional.  Tentu tidak dapat dipungkiri, permainan apik yang telah ditampilkan pemain U-16 di kompetisi-kompetisi sebelumnya, menjadikan tayangan ini mendapat perhatian besar dari publik, khususnya pencinta sepak bola tanah air.

Selain itu, Garuda Select pun juga akan ditayangkan melalui televisi yaitu TVRI.  Hal ini dilakukan untuk memenuhi antusiasme para pecinta sepak bola tanah air agar lebih mudah mengakses pertandingan-pertandingan dari program Garuda Select.  Juga, diharapkan kedepannya, masyarakat Indonesia akan terus mendukung perjuangan pemain-pemain muda ini untuk membawa sepak bola Indonesia ke kancah dunia.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x