Mohon tunggu...
Ulan Hernawan
Ulan Hernawan Mohon Tunggu... I'm a teacher

Mari berbagi ilmu. Ayo, menginspirasi!

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

5 Rekomendasi Mobil Sedan untuk Mudik 2019 dengan Mesin Sehat

23 Mei 2019   14:25 Diperbarui: 23 Mei 2019   14:48 0 0 1 Mohon Tunggu...
5 Rekomendasi Mobil Sedan untuk Mudik 2019 dengan Mesin Sehat
[ilustrasi: carreview.id] Honda Type R

Mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia menjelang lebaran setiap tahunnya. Apalagi, dengan selesainya jalur tol trans Jawa yang telah dirampungkan pemerintah Indonesia, pasti akan memperlancar mudik 2019 nantinya. 

Sesuai perkembangannya pula, banyak sekali tipe mobil yang dipasarkan di Indonesia, mulai dari City Car, SUV, MPV, dan Sedan. Sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang memiliki keluarga banyak dan tradisi mudiknya, maka presentase memilih mobil tipe SUV dan MPV lebih besar ketimbang Sedan. 

Sudah banyak artikel yang merekomendasikan mobil bertipe SUV dan MPV untuk mudik lebaran. Kali ini, saya ingin mengulas 5 rekomendasi mobil bertipe Sedan untuk mudik 2019 nanti. Memang pilihan menggunakan mobil SUV atau MPV memiliki kelebihan dibandingkan Sedan. Kelebihan lebih mengarah ke ruang yang lebih besar untuk bagasi dan penumpang. 

Namun untuk sisi irit BBM atau daya tahan mesin, mobil jenis Sedan juga tangguh untuk perjalanan panjang. Tentu saja dengan kondisi mesin, pemilihan bahan bakar dan oli yang prima.

Berikut saya merekomendasikan 5 mobil sedan dari yang tergolong murah sampai ke yang tergolong cukup meraih gocek di kelasnya.

1.Toyota Vios

[foto:taxipucha.com] Toyota Vios
[foto:taxipucha.com] Toyota Vios
Di pasaran mobil Toyota Vios ini dibanderol sekitar Rp. 291 jutaan sampai Rp. 330 juta. Mobil besutan perusahaan otomotif Jepang ini memiliki mesin berkapasitas 1.496cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 107 PS pada 6000 rpm dan torsi 14.4 kgm pada 4.200 rpm. Artinya, mobil ini cukup bertenaga diimbangi dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Interior dan fitur nya juga tergolong mewah di kelasnya.

2. Honda City

[foto: bussinesstoday.in] Honda City
[foto: bussinesstoday.in] Honda City
Siapa yang tidak kenal Honda City di jalanan Indonesia. Ya, mobil buatan Jepang ini memang menarik peminat mobil Sedan murah dengan fitur keamanan yang tergolong lengkap. Mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman dan beberapa fitur pendukung lain seperti Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, dan Dual SRS Airbag. Cukup lengkap,bukan? 

Mesinnya yang berkapasitas 1.497 cc membuatnya cukup irit dan bertenaga. Harganya pun dibanderol sekitar Rp. 312 jutaan untuk manual dan Rp. 322 jutaan untuk tipe CVT.

3. Nissan Teana

[foto:zhigwheels.com] Nissan Teana
[foto:zhigwheels.com] Nissan Teana
Harga mobil ini mencapai Rp. 582 jutaan. Ini tergolong mobil mewah dengan fitur yang memanjakan pemiliknya. Menggunakan mesin 4 silinder, in-line dan bisa mengeluarkan tenaga sebesar 172 PS dan torsi 23.8 kgm membuatnya sangat bertenaga. Apalagi dengan kemewahan kabin yang luas dan dilengkapi audio yang mantap membuatnya berkelas dan dilirik penyuka Nissan.

4. All New Mazda

[foto: blackexperience.com] Mazda
[foto: blackexperience.com] Mazda
Sedan jenis ini adalah sedan untuk golongan eksekutif atas yang butuh kemewahan dengan harga yang tergolong tidak murah. Mudik menggunakan mobil ini akan dianggap sebagai orang yang telah sukses dan mendapatkan gengsi tersendiri. Pasalnya harga mobil ini mencapai Rp. 634 jutaan di kelasnya. Mesinnya adalah SKYACTIV-G 2,5 L inline 4silinder DOHC 16 Valve berkapasitas 2.488 cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 187 PS pada 5.7000 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.250 rpm. Artinya mesin besar, tenaga besar, mudik lancar.

5. Honda Civic Type R

[foto: Hagerty.com] Honda Type R
[foto: Hagerty.com] Honda Type R
Diantara mobil sedan diatas, ini adalah yang paling mahal dan terbaik. Bayangkan dari segi harga mobil ini bisa mencapai 1 miliar. Mesin 2.0 liter VTEC Turbo nya mampu menggetarkan rumah kaca dan tembok rumah anda. Tenaga maksimal mampu mencapai 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi sebesar 400 Nm pada 2.500 rpm- 4.500 rpm. Sudah jelas hanya golongan super kaya yang mampu membeli mobil bergenre mobil sport ini. Apabila mudik dengan mobil ini, jalan tol trans Jawa mungkin tidak akan ada artinya,hehe.

Itu adalah 5 mobil sedan yang menurut saya, layak untuk dipakai saat mudik. Terlepas dari harganya, kekuatan masing-masing mesin adalah andalan dari mobil-mobil tersebut untuk mudik dan perjalanan jauh. Bila anda termasuk golongan yang mampu dan tertarik membeli mobil sedan, maka 5 mobil diatas layak untuk dijadikan referensi sesuai kebutuhan anda dalam berkendara.

Dalam ulasan diatas saya lebih menampilkan spesifikasi mesin masing-masing mobil, karena itu adalah jantung dari tiap mobil. Fitur lain adalah pelengkap kendaraan yang suatu saat dapat diganti atau diperbaiki dengan mudah. Berbeda dengan mesin. Sekali perawatan mesin bermasalah, maka akan repot dan pasti mengeluarkan biaya besar dibandingkan dengan fitur lainnya. Mudik pasti akan batal apabila mesin gagal berfungsi dengan baik. Bahkan, bila anda memiliki mobil sekelas Honda Civic Type R sekalipun, tapi tidak pernah dirawat atau salah dalam perawatan, akan sayang sekali dan mubazir.

Perawatan mesin yang paling mudah dapat dimulai dengan pemilihan bahan bakar yang tepat pula. Seringkali masyarakat Indonesia masih salah kaprah dengan pemilihan bahan bakar yang tepat sesuai dengan kondisi mesin dan spesifikasi mobil mereka. Padahal, bahan bakar juga berpengaruh terhadap kinerja mesin kendaraan.

Di pasar Indonesia, ada beberapa produsen bahan bakar yang menyetok kebutuhan bahan bakar kendaraan. Yang menarik bagi saya adalah adanya SPBU Shell yang saat ini mulai merambah kota-kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Sumatra Utara, dan Jawa Timur. 

Sepengetahuan saya Shell adalah sponsor brand ternama untuk bahan bakar Formula 1, Ferrari. Ketika saya ke Jakarta dan mulai melihat ada banyak SPBU berlogo Shell, sayapun mencari informasi yang saya butuhkan untuk alternatif bahan bakar kendaraan yang lebih baik.

Pada dasarnya, ketika saya mengisi bahan bakar untuk mobil sedan saya, saya hanya berpikir mengisi bahan bakar sekedar untuk menjalankan kendaraan. Ternyata saya salah, kondisi kualitas bahan bakar yang baiklah yang menjaga performa mesin tetap prima, tahan lama dan bertenaga. 

Saya kemudian melirik SPBU Shell yang menggunakan Shell V-Power. Dan ternyata, Shell V-Power memiliki 3x molekul pembersih yang mampu membersihkan endapan hingga 80% dan mengurangi gesekan untuk performa mesin yang lebih baik. 

Teknologi yang dipakai adalah teknologi DYNAFLEX yang tidak hanya meningkatkan kondisi mesin, tapi juga memaksimalkan energi bahan bakar. Jadi, semakin sedikit energi bahan bakar yang terbuang percuma. Ini adalah bahan bakar yang sangat cocok untuk perjalanan jauh seperti mudik lebaran.

[ilustrasi :shell.co.id] SPBU Shell 1
[ilustrasi :shell.co.id] SPBU Shell 1

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2