Mohon tunggu...
Uki Murdiyati
Uki Murdiyati Mohon Tunggu... Wanita, seorang ibu rumah tangga guru pembisnis

seorang guru yang lahir diTegal 15 Oktober 1981 lalu. Berusaha untuk terus belajar menjadi pembelajar sejati.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Perlunya Anak Lelaki Diberi Tugas Pekerjaan Rumah

27 Maret 2021   11:14 Diperbarui: 27 Maret 2021   11:19 62 3 0 Mohon Tunggu...

Mempunyai dua orang anak yang kesemuanya berjenis kelamin lelaki pada awalnya ragu untuk memberikan mereka tanggungjawab dirumah. Hal ini dikarena mertua mengajarkan bahwa lelaki jangan dibiarkan mengerjakan pekerjaan rumah. Namun lama-lama saya berpikir, dari pagi sampai siang saya bekerja sebagai guru disalah satu sekolah swasta, masih menyiapkan mereka makan,membereskan cucian, haruskah saya makin lelah dengan setumpuk pekerjaan rumah sedangkan suami dan anak-anak bersantai ria.

Biarkan tidak semua ajaran dari orangtua harus ditelan mentah. Mereka sebagai penghuni rumah harus memiliki kewajiban terhadapa kebersihan dan kerapihan rumah. Sang kakak ku ajarkan cara mencuci piring dan sang adik menyapu. Pada awalnya mereka kaku dan menyapu asal-asalan, namun lama kelamaan cara menyapunya menjadi lebih lemes dan bersih.

Mogok?

Mereka melakukan aksi mogok pun pernah saat teman mereka datang kerumah dan melihat mereka menjalankan tugasnya. Paginya, mereka mogok karena terbully disekolah. Akhirnya lewat komunikasi mereka mau juga melaksanakan tugasnya.

Memang sesuai kultur masyarakat kita bahwa anak laki-laki tidak menyentuh pekerjaan rumah tangga. Namun jika anggota keluarga kebanyakan lelaki, haruskah sang ibu yang mengerjakan semuanya sendiri?

Melaksanakan pekerjaan dirumah sama artinya menanamkan disiplin pada anak. Disiplin akan membantu anak menjalani kehidupannya dimasa depan dengan lebih baik. Menjaga kebersihan, menjaga kerapian dimanapun mereka berada akan tercipta jika sedari awal mereka diajarkan untuk melaksanakannya.

Anakpun akan lebih bertanggung jawab terhadap tugasnya. Kapan mereka harus melaksanakan, bagaimana hasilnya,apa manfaatnya harus mereka ketahui dan apa konsekuensinya jika mereka tidak melakukan hal tersebut.

Selain hal tersebut pengkomunikasian terhadap tugas dan tanggung jawab anak akan selalu dilakukan orangtua, mengajarkan anak untuk tidak membantah dan melaksanakan perintah orang tua.

Bagaiamana tanggung jawab pekerjaan rumah terhadap anak laki-laki?

Mulai saat mereka kecil dengan bahasa yang baik

Lakukan secara bertahap dari tugas yang sederhana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN