Mohon tunggu...
Ofi Sofyan Gumelar
Ofi Sofyan Gumelar Mohon Tunggu... ASN | Warga Kota | Perangkai Kata

Today Reader Tomorrow Leader

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Kini Saya Tak Sendiri, Ada Warga Kota Menemani

11 Januari 2020   08:18 Diperbarui: 13 Januari 2020   08:46 14 2 0 Mohon Tunggu...
Kini Saya Tak Sendiri, Ada Warga Kota Menemani
Peserta Workshop KBandung X Perpusda Purwakarta, Cikal Bakal Komunitas Warga Kota (Sumber: Dokpri)

"Kalau punya hobi itu cobalah berkumpul dengan teman-teman yang punya minat sama. Biar lebih semangat dan punya partner diskusi buat berkembang bersama..."

Ketika pertama kali gabung di kompasiana, saya niatnya hanya ingin belajar menulis. Bikin Tulisan, terus posting di kompasiana. Paling saya cuma mengamati apakah Tulisan saya masuk rating pilihan atau tidak. Syukur-syukur masuk headline.

Event pertama Warga Kota (sumber: dok warga kota)
Event pertama Warga Kota (sumber: dok warga kota)

Lama-lama nulis sendirian bosen juga. Saya kemudian mencoba mencari teman. Beruntung kompasiana selalu mengadakan acara offline. Di sana saya akhirnya ketemu sama teman-teman penulis kompasiana. Senang banget, selain bisa belajar nulis, saya juga bisa berinteraksi.

Sayangnya, teman-teman kompasianer itu kebanyakan di luar kota. Yang terdekat ada di Bandung. Saya belum nemu teman yang satu kota. Paling Cuma seorang aja, teh Mira Habibah, itu pun karena saya racuni buat nulis di kompasiana.

Dari interaksi dengan teman-teman, saya iri dengan mereka. Banyak dari mereka yang membentuk komunitas sendiri. di Tangerang ada Ketapels, di Malang ada Bolang, di Yogyakarta ada K-Djog, dan di Bandung ada KBandung. Karena ingin seru-seruan, saya pun gabung dengan komunitas KBandung.

Kepada bang Aswi dan Mas Ali Muakhir, pengurus KBandung, saya kerap curhat. Saya juga pengen mencari ngumpulin teman-teman yang punya passion nulis atau ngeblog di kota saya. 

Saya sih yakin ada orang Purwakarta juga yang nulis di kompasiana, atau minimal punya hobi nulis dan bisa diajak gabung nulis di kompasiana. Masa sih dari Purwakarta yang penduduknya banyak cuma saya dan Mira saja yang nulis di kompasiana. Pertanyaannya, gimana cara nyarinya?

Gayung bersambut. Ketika KBandung dikasih dana komunitas dari Kompasiana, saya langsung usul buat mengadakan acara workshop menulis di Purwakarta. Itu tadi, tujuannya buat nyari teman yang se-passion. Beruntung Bang Aswi dan Mas Ali setuju. Workshop pun kemudian diselenggarakan.

Menjaring Kompasianer Lewat Workshop (Sumber: Dokpri)
Menjaring Kompasianer Lewat Workshop (Sumber: Dokpri)

Tebakan saya ternyata benar, ternyata ada juga teman-teman di Purwakarta yang nulis di Kompasiana. Sebagian lagi punya minat nulis dan tertarik buat gabung di kompasiana. Pada akhirnya, terkumpullah kurang lebih 20 orang ex-peserta workshop yang saling berinteraksi di group WA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x