Mohon tunggu...
Ufqil mubin
Ufqil mubin Mohon Tunggu... Rumah Aspirasi

Setiap orang adalah guru

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Syarifuddin: Pemkot Mesti Ciptakan Pelayanan yang Efektif

8 November 2019   15:12 Diperbarui: 8 November 2019   15:25 0 1 0 Mohon Tunggu...
Syarifuddin: Pemkot Mesti Ciptakan Pelayanan yang Efektif
Syarifuddin (dokpri)

Samarinda -  Komisi I DPRD Samarinda melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perizinan Terpadu dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta pada Rabu (6/11/2019). Kunjungan ini bertujuan menggali keunggulan pelayanan perizinan usaha di DKI Jakarta.

Selain itu, kunjungan ini bermaksud menyiapkan secara dini sistem perizinan yang efektif dan efisien di Samarinda. Hal ini sebagai langkah awal demi menyambut pemindahan ibu kota negara.

Anggota Komisi I DPRD Samarinda Muh. Syarifuddin mengatakan, dalam kunjungan tersebut, DPMPTSP DKI Jakarta memaparkan sistem pelayanan, struktur organisasi, dan bentuk kerja sama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melayani pengurusan izin usaha masyarakat.

"Kami melihat sistem perizinan di DKI Jakarta itu sangat efektif. Setelah mendapatkan izin, usaha mikro, kecil, dan besar dapat termonitor telah membayar pajak atau tidak," ungkapnya, Jumat (8/11/2019) siang.

Ia menyebut, perizinan untuk seluruh usaha di Samarinda diharapkan tidak lagi bertele-tele. Mesti disederhanakan. Pengusaha tidak perlu lagi datang ke berbagai OPD untuk mendapatkan izin usaha. Izin cukup diurus di satu tempat.

Tak ada pula biaya yang dipungut dari pengusaha saat mengurus izin usahanya. Ia berharap pemerintah dapat mengakomodir usaha-usaha yang belum memiliki izin di Samarinda. Memberikan kemudahan bagi pengusaha mendapatkan izin.

"Saya sangat mendukung Pemkot Samarinda menciptakan pelayanan satu pintu yang efektif," imbuhnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, semakin banyak usaha yang terdaftar dan mengantongi izin secara resmi dari pemerintah, maka semakin banyak pula pendapatan yang didapatkan Pemkot Samarinda.

"Pendapatan pemerintah dari pajak akan semakin tinggi. Ini yang kita harapkan ke depan," ujar Syarifuddin. (um)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x