Mohon tunggu...
Ufqil mubin
Ufqil mubin Mohon Tunggu... Rumah Aspirasi

Setiap orang adalah guru

Selanjutnya

Tutup

Politik

Spirit, Gagasan, dan Visi Wahyudi untuk Desa Muara Kaman Ulu

17 September 2019   11:33 Diperbarui: 17 September 2019   17:44 0 0 0 Mohon Tunggu...
Spirit, Gagasan, dan Visi Wahyudi untuk Desa Muara Kaman Ulu
dok.istimewa

Wahyudi adalah salah satu lulusan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong yang memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala desa Muara Kaman Ulu, Kecamatan Muara Kaman, Kukar.

Kiprahnya tergolong moncer di organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan di Kukar. Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini memiliki beragam prestasi.

Apa alasan, visi, dan misinya untuk pembangunan desa tersebut? Berikut petikan wawancara saya dengan beliau.

Apa motivasi Anda mencalonkan diri sebagai calon kepala desa?

Pertama, ada dorongan dari beberapa tokoh Muara Kaman. Baik di Muara Kaman maupun di Tenggarong. Mereka menyarankan saya pulang kampung. Membangun Muara Kaman Ulu. Karena mereka melihat pengalaman saya dalam berorganisasi dan pendamping desa.

Kedua, saya merasa terpanggil mencalonkan diri sebagai kepala desa. Saya melihat kondisi desa saya yang lambat dalam perkembangan pembangunannya. Terutama pembangunan SDM dan ekonomi.

Apa visi dan misi Anda untuk Desa Muara Kaman Ulu?

Menurut hemat saya, perlu ada sebuah program percepatan pembangunan SDM dan pembangunan ekonomi di desa. Tantangan ke depan sangat kompetitif. Bila tidak dipersiapkan dari hari ini, maka kita akan tersisih. Kita tidak akan siap dalam kompetisi lokal dan global.

Saya mengusung visi: Menuju Desa Muara Kaman Ulu yang Berbudaya, Mandiri, dan Sejahtera. Ada empat visi yang saya usung: Pertama, menyelenggarakan pemerintahan desa yang baik, demokratis, partisipatif, dan transparan.

Kedua, menumbuhkan dan melestarikan kebudayaan berlandaskan kearifan lokal. Ketiga, mengembangkan perekonomian desa melalui pemanfaatan potensi desa. Ketiga, meningkatkan kualitas dan daya saing menuju SDM yang unggul, beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Apa program Anda di bidang infrastruktur, pendidikan, perekonomian, keagamaan di Desa Muara Kaman Ulu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x