Mohon tunggu...
Udin Zainudin
Udin Zainudin Mohon Tunggu... Editor - Pemerhati Sosial

Hanya ingin negeri ini lebih baik lagi

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Benarkah Sambo Punya Bisnis Gelap dan Itu Terkait Pembunuhan Joshua?

12 Agustus 2022   04:57 Diperbarui: 12 Agustus 2022   05:05 541 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ternyata setelah Kapolri menetapkan Irjen Sambo sebagai Tersangka Pembunuhan Berencana terhadap Brigadir Joshua tidak membuat masyarakat kita berhenti menyoroti kasus ini. Perkembangannya  semakin menarik, penuh drama dan penuh teka-teki.

Salah satu hal yang menarik, setelah sebelumnya netizen berasumsi seputar Pelecehan atau Perselingkuhan, saat ini kelihatannya netizen lebih percaya ada suatu hal yang lebih besar dari sekedar peristiwa perselingkuhan ataupun pelecehan yang menjadi pemicu Pembunuhan Berencana terhadap Brigadir Joshua.

Tadi malam (11 Agustus 2022) selepas Isya, Bareskrim Polri menggelar konfrensi pers melaporkan hasil pemeriksaan pertama terhadap Tersangka Ferdy Sambo. Dirpidum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian mengatakan Ferdy Sambo mengaku marah dan emosi mendapat laporan dari  Putri Candrawati saat di Magelang, dimana Joshua melakukan tindakan yang melukai harkat dan martabat keluarganya hingga akhirnya dirinya bersama RE dan RR  melakukan perencanaan pembunuhan terhadap Joshua.

Dari Portal Detiknews, berita ini dikomentari oleh 190 netizen yang rata-rata komentarnya mengatakan tidak percaya dengan ucapan Ferdy Sambo. Alasan mereka, kemarin bilangnya dilecehkan di rumah Duren Tiga disertai peristiwa tembak menembak. Setelah tidak terbukti, diganti lagi lokasi pelecehannya di Magelang. Netizen pun heran kalau Timsus masih saja percaya dengan keterangan Ferdy Sambo.

Komentar-komentar cadas seperti ini harusnya diperhatikan Polri. Kasus ini kasus besar dan menyangkut kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian. Kesalahan Bareskrim Polri menggelar konfrensi pers ini karena sepertinya hanya mengcopy-paste pernyataan  Tersangka Irjen Sambo.  Sementara yang public inginkan adalah hasil investigasi dari Timsus bukan sekedar pernyataan Tersangka yang belum tentu benar.

MENGAPA  FERDY SAMBO YANG BINTANG 2 BEGITU KUAT POWERNYA  SEHINGGA 31 PERSONIL POLRI TUNDUK PADANYA?

Yang selama ini juga dipertanyakan publik adalah bagaimana mungkin seorang Jendral Bintang 2 bisa mengendalikan 31 Personil baik dari Divisi Propam, Polres Jaksel, Polda Metro Jaya hingga Bareskrim dan meminta mereka membantu mengaburkan fakta peristiwa pembunuhan ?

Begitu hebat pengaruh Irjen Sambo ini.

Dan hal itu ternyata terkait dengan jabatan Ferdy Sambo diluar jabatan Kadiv Propam Polri.  Irjen Ferdy Sambo ternyata adalah Ketua Satgasus Merah Putih dimana Satuan Tugas Khusus ini mempunyai kewenangan khusus yang luar biasa untuk menangani kasus-kasus besar seperti Jaringan Narkoba, Human Tracking, Korupsi dan TPPU, Jaringan Prostiusi, Judi Online, Peredaran Miras, dan kasus-kasus UU ITE.

Tim Satgasus berjumlah ratusan anggota dimana di setiap polda terdapat beberapa personil yang bergabung dalam Satgasus Merah Putih. Satgasus ini dibentuk zaman Kapolri Tito Karnavian yang mungkin tujuannya seperti tugas FBI di Amerika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan