Mohon tunggu...
Uchan dug
Uchan dug Mohon Tunggu... Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN SMH BANTEN

langkah awal untuk bisa berkarya dalam tulisan, mungkin ini akan menjadi wadah tentang tugas kampus saya dan cerita ceita kehidupan saya, dan enterpretasi terhadap lingkungan sekitar

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Menghapus Tantangan, Menjadi Peluang: Gen-Z Harus Tahu

4 April 2021   16:23 Diperbarui: 4 April 2021   16:38 173 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menghapus Tantangan, Menjadi Peluang: Gen-Z Harus Tahu
ilustrasi millenial (sumber : via www.money.kompas.com)

Pemuda adalah salah satu penopang peradaban selanjutnya, maka harus tumbuh berbanding lurus dengan kondisi lingkungan social, agar lebih produktif dan inovatif. Karena kaum muda bisa di sebut juga sebagai agen of development dan agen of modernization. 

Tentunya banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pemuda kaum millenial atau lebih tepatnya Gen Z sebutan untuk generasi muda sekarang, generasi ini juga dikenal dengan istilah Post-Millennials, Zoomers, iGeneration, Gen Tech, Net Gen, dan Neo-Digital Natives, kita gunakan kata Gen-Z saja, karena disini bukan untuk membahas perbedaan istilah.

Gen Z dihadapkan pada tantangan yang kompleks dan kompetitif yang harus mampu beradaptasi dan bersaing dalam peradaban manusia. 

Ditambah Indonesia akan Menghadapi Bonusdemografi dimana usia muda akan membeludak dan diharapkan usia muda di Indonesia harus lebih  produktif, hal ini menjadi potensi besar ketika Indeks Pertumbuhan Manusia di usia produktif bisa optimal agar mampu memetakan pembaharuan. 

Tak luput, Gen Z dihadapkan dengan berbagai persoalan, dalam kondisi Pandemi seperti ini kita terputus interaksi sosial secara offline, maka teknologi informasi menjadi solusi untuk bagaimana tetap terjalin nya aktivitas interaksi sosial lewat virtual.

ilustrasi tantangan (sumber: via kumparan.com)
ilustrasi tantangan (sumber: via kumparan.com)

Tantangan Gen Z di masa ini

1. Teknologi

Teknologi adalah salah satu hasil dari pada ide dan proses metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis manusia, dengan adanya teknologi semua aktivitas mansia terbantu untuk bagaimana bisa melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Semenjak lahirnya revolusi industry di Ingris, terjadi perubahan pola hidup masyarakat. 

Salah satu factor dari teknologi berpengaruh sangat besar pada perubahan social masyarakat duia, dengan adanya teknologi aktivitas masyarakat keseluruhan sarana di penuhi oleh teknologi, untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN