Mohon tunggu...
Adhityo N Barsei
Adhityo N Barsei Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Orang sering kesulitan memahami apa yang saya sampaikan. Mungkin lewat tulisan saya bisa memberikan pemahaman lebih sederhana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengembangan Inovasi Kehadiran di Masa Pandemi pada Kabupaten Lebak

4 Januari 2021   07:26 Diperbarui: 4 Januari 2021   07:34 439 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pandemi Covid-19 menimpa Indonesia pada bulan Maret lalu. Berdasarkan Surat Edaran Menteri PANRB No. 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah, hampir semua organisasi pemerintah termasuk Kabupaten Lebak memberlakukan sistem kerja Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO).

Merespon situasi tersebut, maka BKPP sejak April 2020 mengembangkan aplikasi absensi Catatan Harian Kerja yang diberi nama Si KEPEL 2 Catker. Aplikasi ini bertujuan untuk memastikan pegawai Kabupaten Lebak tetap produktif dan berkinerja meski bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) dengan mengisi Catatan Harian Kerja selama Pandemi Covid-19. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu kepala OPD untuk dapat memantau pekerjaan pegawai selama berkerja dari rumah. Si KEPEL 2 Catker ini baru diimplementasikan pada bulan Agustus 2020. Aplikasi ini dapat diakses dengan menggunakan PC/Laptop/Smartphone dimana saja dan kapan saja.    

Pegawai cukup mengakses website https://bkpp.lebakkab.go.id/sikepel2 untuk absen WFH. Terdapat 2 menu login pegawai dan absen online pada aplikasi ini. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Login pegawai, menggunakan username dan password yang sudah ditentukan, kemudian mengisi status bekerja/ijin/cuti/dll lalu pegawai diminta untuk mengisi uraian, capaian, dan output pekerjaan pada hari tersebut.
  • Absen online, digunakan jika pegawai bekerja dari rumah/WFH, dengan melakukan absen masuk dan pulang.

tangkapan layar
tangkapan layar
  • Adapun manfaat dari Si KEPEL 2 Catker ini adalah terbantunya kepala OPD untuk memantau dan melakukan penilaian terhadap pegawai pada saat bekerja dari rumah/WFH dengan melihat data pada menu pamantauan dalam satuah hari/minggu/bulan. Hal ini sangat membantu kepala OPD untuk memastikan pegawainya tetap melaksanakan tugas dan fungsinya di tengah kondisi pandemi. Pemanfaatan aplikasi ini juga melatih pegawai untuk berintegritas dan mempertanggungjawabkan pekerjaannya dengan mengisi uraian dan capaian hasil pekerjaan meski tidak diawasi langsung oleh atasan. Si KEPEL 2 Catker juga membantu bagian kepegawaian untuk tetap dapat merekap kehadiran WFH dan dapat dipertanggungjawabkan dengan pemotongan tambahan tunjangan penghasilan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan