Mohon tunggu...
Mustyana Tya
Mustyana Tya Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis, jurnalis dan linguis

Seorang pejalan yang punya kesempatan dan cerita

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pesona Wanita Dayak Bertato Menari Gemulai

12 Februari 2021   11:39 Diperbarui: 12 Februari 2021   11:52 652
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selesai dengan perbelanjaan yang ibunya sangat ramah atau takut saya nggak bayar karena sampai dianterin pake motor ke ATM buat tarik duit , saya pun balik ke hotel. Semua barang saya packing lagi di kamar hotel yang luas ini tapi kok bikin perasaan gak enak yak wkwkw. Setelah mandi beberes saya pun siap kembali ke Jakarta. 

Tapi waktu saya masih banyak. Jadi saya putuskan untuk mampir ke dua tempat. Pertama untuk makan siang saya pilih makan di Pondok Borneo. Tempat ini khusus untuk makanan seafood katanya kepitingnya juara banget. Makanya tanpa saya tanya harga saya percaya diri saja langsung pesan menu tersebut. Seekor kepiting seukuran lebih dari sengenggaman tangan berlumur saus lada hitam mejeng di depan saya siap di santap ditemani tumis tauge ikan asin. (duh ngebayangi lagi ngeces). Saya pun lahap tapi ternyata kepitingnya bener-bener besar saya pasti kelabakan ngabisinnya gimana? akhirnya sebelum makan saya sisihkan dulu kepiting untuk dibungkus. 

Rasa kepiting lada hitamnya langsung nyelekit di lidah sensasi pedasnya pas makanya suap demi suap berlangsung dengan cepat. Hingga tibalah waktunya bayar, Astagfirulloh nyaris Rp 300 ribu. Mau nangis di tempat tapi malu. wkwkw. Akhirnya saya relakan kartu debit saya digesek. yaudalah sekali-kali meski menyakitkan uang segitu jadinya masuk ke jamban. hahaha. 

Dari sini saya memutuskan ke desa Pampang yang buka cuma di hari Minggu. Ada apa di sana? suku dayak asli yang memamerkan tarian mereka. Jadi setiap hari minggu jika tidak ada aral melintang mereka menggelar pertunjukan di rumah ada Dayak juga. 

Pengalaman tadi pagi yang pahit membuat saya memutuskan menyewa sajalah Grab sampai ke Pampang dan ke Bandara. Harganya lumayan lah Rp 100 ribu, upah dia menunggu juga. Begitu menerima tawaran saya, si abang grab ngoceh terus. 

Bukan apa-apa sih dia kelewat takjub sama saya karna berani travel sendiri. Bukan cuma dia yang ngoceh, temen-temen seperojekan dia pun serupa. 

Menanggapinya saya senyum kuda aja pas ditanya "Berani banget mba?" "kayak di my trip itu ya?" "Mbaknya hijab traveler ya?" dan sederet pertanyaan lainnya yang bikin saya nggak enak. 

Sebelum perjalanan ke Pampang saya beli kacamata karena Samarinda terik banget sampai susah melihat. Harga kacamata hitam di Citra Niaga sih Rp 50 ribu tapi pas lama-lama dipake kok gak nyaman karena terlampau gelap wqwqwq. 

Belum selesai menggerutu soal langit, dia sudah menumpahkan air ke saya. Ya, tetiba hujan deras. Satu hingga menit kelima saya masih nekat menerobos tapi selanjutnya udahlah neduh aja. hadeeuh. 

Saya berdoa banyak-banyak dalam hati semoga hujan segera berakhir. Karna kasihan melihat abangnya, saya kasih lah itu kepiting untuk dia makan pake nasi. Akhirnya, tuh sekali lagi kebaikan pasti langsung dibales tunai dah. 

Seketika juga langit cerah dan hujan reda, saya pun mengebut lagi ke Desa Pampang yang ternyata jauh masuk ke dalam jalan kecil. Hingga akhirnya sampai juga di sini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun