Mohon tunggu...
Mustyana Tya
Mustyana Tya Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis, jurnalis dan linguis

Seorang pejalan yang punya kesempatan dan cerita

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pengalaman Santap Telur Semut Sampai Ulet Hongkong

25 Januari 2021   12:37 Diperbarui: 25 Januari 2021   13:09 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bali lagi gak pernah bosan menawarkan banyak pengalaman menarik. Makanya sewaktu ada kesempatan liputan Ubud Food Festival, saya langsung mau meski itu mengorbankan waktu libur. Sebenernya liputan itu bukan giliran saya, tapi ya sudahlah karena gak ada yang bisa jadilah saya yang datang.

Bertemu dengan klien yang menjadi sponsor utama saya langsung di target untuk nulis 12 berita plus ternyata ada miss karena jadwal saya enggak sampai penutupan. God! langsung buru2 minta untuk reshedule pesawat dan hotel. 

Sampai di Ubud saya nggak bisa leha-leha padahal hotel saya lumayan banget bagusnya wkwkwkw.... Namanya Taman Harum. Sebenernya saya nggak tahu berapa rate-nya tapi emang hotel semi villa ini asik banget. Jadi kaget pas dapat roomnya karna mirip kontrakan gitu wkwkw per cluster. Pas Masuk ada ruang tamunya, trus bed-nya ada kelambunya, dan yang penting bathtub!! yes!

Tapi ternyata oh ternyata, banyak banget jendela dan parahnya lagi di samping bathtub langsung outdoor. Lah kumaha ieu, meski ada tembok yang tinggi tetep aja bisa ngintip karena bolong-bolong gitu dan di belakangnya ada ladang sawah. Hayoluh. Trus bingung mandinya meski ada tirai yang menutupi tapi gak sepenuhnya. Bikin mandi selalu deg degan ini mah. Belum lagi keingetan teman yang pernah tinggal di ubud, kamar mandinya juga outdoor dan ulerpun masuk. Sedap bener kan bikin parno. 

Selesai beberes, siap untuk pembukaan di Amandari. Masuk ke resort ini langsung wahhh... karena ada kolam renang outdoor yang langsung berhadapan dengan lembah dan dikelilingi pepohonan. Gils banget. Pelayanannya juga oke punya dan semua serba fancy dengan jamuan snack yang di lidah sama sekali gak familiar wkwkwk. Dan ternyata ini adalah awal petualang kuliner saya. 

Oke, acarapun dimulai dan benar saja semua full english. Makasih lho sekalian latihan ini teh. Jadi terpampang nyata wajah chef2 mahsyur sedunia, ya ga sekelas Gordon Ramsay juga sih pokoknya top lah karena rata2 punya restoran tersendiri. Berita pertama saya pun langsung nge-lead, isinya soal gimana cara kuliner kita bisa seterkenal Tom Yum Thailand. 

Sebenernya kuncinya satu asal semua orang tuh gotong royong kenalin makanan Indonesia sebagai sajian wajib di hotel misalnya dan rasanya harusnya otentik tanpa fushion. Kita punya tantangan tersendiri karena jumlah kuliner kita terlampau banyak sehingga sulit menentukan mana jagoannya. Belakangan kan baru ngehits rendang sama nasi goreng, lainnya belum terlalu ter-highlight. 

Dari sini saya langsung dapat teman dari salah satu media wanita yang datang segambreng. Langsung diajak makan enak di dekat tempat acara, bebek dengan harga yang cukup menguras kantong karena sekali makan Rp 70 ribu. 

Duh! Selesai makan acara akan dilanjutkan malam nanti. Jadi saya putuskan balik ke hotel dan God, Grab Gojek semacamnya ternyata susah di book di sini karena mereka dianggap bersaing dengan taksi lokal dg tidak adil makanya grab car yang tadi saya tumpangin ngebrief saya untuk bilang kalau dia sopir saya bukan dari Grab. 

Jadi lumayan bikin stress tuh pas nyari Grab baru tahu ternyata di Ubud sebegini ketatnya. Malam pembukaan pun dimulai dan semua stan makanan mulai membagikan testernya ke kita para tamu. 

Saya pun langsung memburu yang aneh-aneh termasuk yang bikin mata melotot itu gelato rasa bawang putih dan tempe. Ternyata rasanya masih bisa diterima di mulut, tekstur tempenya pun kerasa kres kres gitu sementara bawang putih ga terlalu bau dan menyisa di mulut. Semua bisa didapat di Secret Gelato yang ngakunya dapat bahan-bahan dari petani lokal. Good job deh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun