Mustyana Tya
Mustyana Tya Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis, jurnalis dan linguis

Seorang pejalan yang punya kesempatan dan cerita

Soto Banjar, Pasar Apung, dan Sunrise di Banjarmasin

25 Oktober 2020   16:21 Diperbarui: 3 November 2020   16:57 204

Setelah sekian tahun, saya akhirnya mampir juga ke Pulau Kalimantan. Pulau bikin saya penasaran banget. Saat itu tujuan saya adalah Banjarmasin menghadiri acara Polda Kalimantan Selatan yang naik derajatnya jadi Polda kelas A.

Saya tuh baru pulang dari Singapura semalam dan harus liputan pagi dengan pesawat jam 5 pagi dari jakarta, acara sendiri jam 9 pagi. Gimana gak mepet-mepet dan kecapean tuh.

Beruntung pas sampai lokasi liputan, acara belum mulai. Jadi setelah meliput acara sampai selesai, kewajiban saya selanjutnya adalah berkenalan alias setor muka sama bapak-bapak polisi.

Emang rezeki anak soleh dari Allah saya pun ditawari untuk upgrade hotel yang  tadinya cuma amaris jadi hotel bintang 4 Aria Barito heeee..... dan ternyata si pak polisi ga perlu lama pesennya, saya tinggal bilang atas nama siapa langsung bisa masuk ke hotel.

Ternyata kamar hotelnya gede banget, saya mungkin dapat kamar yang superior atau deluxe ya pokonya bednya king size dengan luas ruangan segede ruang tamu rumah saya hahahah....

Tapi gak boleh santai karena saya harus mulai bekerja sembari kontakan dengan orang agensi bahwa saya mau diantar besok pagi jalan-jalan lihat pasar terapung. Dia pun mengiyakan bahkam mentitahkan drivernya untuk siap sedia mengantar saya kemana juga buat cari makan.

Selepas magrib tiba-tiba tak ada kabar dan saya pun malas merepotkan orang, jadilah saya sendirian keluar hotel untuk cari soto banjar yang enak pakai gojek. Ternyata sudah tutup. sedih. Untungnya, di depan masih ada yang jualan. Menurut saya, soto banjar itu kek gimana ya... seperti soto pada umunya ada telur, sayuran dan kuah putih dengan koya tapi porsinya lumayan banyak.

Sehabis makan, jam masih menunjukkan pukul 8 malam maka saya putuskan untuk beli oleh-oleh karena khawatir besok tak sempat. Nah, saya kembali memakai Gojek kali ini saya apes karena map dan abang gojek ga tau toko oleh-oleh tujuan saya, apalagi saya. Kami berputar-putar beberapa kali tapi hasilnya nihil karena map yang menunjukkan toko oleh-oleh telah menjadi toko handphone.

Saya pun minta diturunkan, dan kembali memesan gojek lagi dengan perasaan was-was takut keburu tutup. Kali ini saya random mengisi tujuan, saya langsung bilang ke abang Gojek untuk anter saya ke toko oleh-oleh yang dia tahu.Untung lagi ada yang masih buka. Meski tokonya mini saya terkesan dengan interiornya yang ada perahu-perahu ala pasar pung gitu. Saya pun suruh foto di sana untuk instagram mereka. eaaaaa...

Di toko itu sebagian oleh-oleh yang ditawarkan kerupuk ikan berbagai bentuk. Kalau saya sih pasti langsung menyasar ke kain sasaringan yang khas di sini. Kainnya bagus saya suka motif-motifnya.

dokpri
Keesokan harinya saya sudah diingatkan untuk bangun sebelum subuh mulai dari jam 4 saya bangun saya telp agensi saya, gak ada jawaban. Yah, mungkin mereka kecapean sampai lupa kali klo saya mau ke Pasar Apung Lok Baintan yang lumayan jauh dari pusat kota dan sering dibilang lokasi asli pasar terapung.