Mohon tunggu...
Mustyana Tya
Mustyana Tya Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis, jurnalis dan linguis

Seorang pejalan yang punya kesempatan dan cerita

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Milenial! Ini Hal Asyik yang Bisa Dilakukan di Madinah

16 Juli 2018   17:02 Diperbarui: 16 Juli 2018   17:04 729
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bukan cuma orangtua, para milenial juga tentu senang bisa mengunjungi rumah Allah di Masjid Nabawi. Namun milenial tetap lah milenial yang cenderung menikmati perjalanan umrah dengan cara yang beda. Serius dan khusyuk namun tetap bisa jalan-jalan cyenang. 

Gimana caranya? nah kalian bisa deh ikutin keseruan gue umroh tapi tetap fokus ya untuk ibadah karena itu nomor satu. 

Cara pertama, adalah jalan-jalan sehabis subuh di luar hotel. Hotel-hotel di Masjid Nabawi dirancang sedemikian rupa, sehingga kalau kamu foto-foto dari atas hotel benar-benar bagus dilihat. Muthawif alias guide saat umrah bilang kalau di Madinah ini bangunan tinggi termasuk hotel sering dibongkar pasang dengan alasan perluasan madinah, atau karena dinilai hotelnya tidak layak.

Kamu bisa menikmati pemandangan dari atas hotel daat sore hari dan di pagi harinya kamu bisa jalan-jalan santai sambil cuci mata. Dulu waktu zaman gue umrah masih ada tuh tukang dagang gerobak yang berisiknya minta ampun kalau abis subuh. Dengan bahasa Indonesia setengah fasih mereka nawarin dagangan mereka. Mulai dari tasbih, sorban, sajadah sampai makanan cokat. Dan emang paling enak di sini coklatanya, cuma 20 real sudah dapat sekilo coklat enak. 

Ada juga yang jualan jam yang murah sih tapi pas dibawa pulang langsung rusak wkwkwk.... jadi gue saranin kalau ke madinah belanja coklat sama emas tuh yang banyak. Dengar-dengar emas di sini harganya murah dan berkualitas. Tapi hati-hati juga karena tetap ada pedagang yang nakal ngurangi berat emas. 

dok.pribadi
dok.pribadi
Oke lanjut ya, coba deh jalan lebih jauh dari hotel ke arah jalan. Bak di eropa, banyak burung-burung dara berterbangan. Apalagi saat gue ke sana cuaca lagi bersahabat banget karena sejuk sekitar belasan derajat, jadi bener-bener terasa eropa banget (kayak gue udah pernah hahaha). Gue juga lebih suka Madinah karena orangnya lebih ramah - ramah, itu yang gue alami waktu gue beli obat di Mekkah dan Madinah. Di Madinah, si apoteker sabar banget nyariin gw obat yang cocok. Sementara di Mekkah, belum juga nanya orangnya udah jutek. Yakali. 

Gw juga pernah ngalami kemirisan lainnya, saat orang-orang berebut lift. Memang lift di hotel itu selalu penuh menjelang solat fardhu dan keterburu-buruan itu membuat banyak orang jadi emosi. Khususnya laki-laki dari Asia selatan yang ga segan teriak-teriak. ya Allah mana sabar yang diajarin Rasul. Yang cewe juga ga mau ketinggalan ngeselinnya, kadang lift udah penuh dan si cewe ini yang naik terakhir ga mau turun padahal lift udah tatitut aduhhh kok masih bisa ya egois. Namanya manusia di tanah suci juga dia lupa kli. Huft.

Bukan umrah kalau tanpa kejutan. Di Madinah ini juga gw pernah dimintai tolong sambil si ibu teriak-teriak. Gw sejujurnya gak ngerti yang ibu itu katakan. Intinya dengan bahasa tarzan dia minta diantar ke hotel. Gw doronglah kursi roda dia sembari dia arahin gw harus ke kanan atau ke kiri. Pas udah sampe tuh ibu menyuruh gw berhenti trus gw disuruh pergi. Sumpah itu absurd banget hahahhaa.

Ok, lanjut ya ke hal-hal yang mengasyikan hahaha. Selain bisa foto-foto saat burung-burung berterbangan, kamu bisa juga kenalan dengan banyak orang. Waktu itu gw kenalan dengan ibu yang membawa anak super lucu. Dan anak itu anteng banget gendut, putih, matanya biru pengen gw telen rasanya (lho) haahhahaa. Momen-momen umrah adalah momen yang pas untuk kenalan ke jemaah sebelah. Ada india, turki, arab dan lain-lain yang meski kadang-kadang si ibu-ibu ga bisa juga bahasa Inggris hehehe, tapi coba aja kenalan dengan senyum dulu selanjutnya pasti mengalir sempurna hehehe.

dok.pribadi
dok.pribadi
Selain kenalan dan foto-foto kamu bisa juga tuh kulineran di sini. Emang si rata-rata makanan arab yang menurut gw ga selalu enak kadang rasanya aneh. Gw pernah makan kebab isi ati ayam tapi Y Allahhh rasanya miris banget. Yang lainnya, bisa makan nasi briani, klo western bisa makan kentang goreng hahahaha. Tapi yang favorit si tetep pop mie yang dijual 5 real di toko-toko wkwkwkw, memang makanan Indonesia selalu tak pernah tergantikan. 

dok.pribadi
dok.pribadi
dok.pribadi
dok.pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun