Mohon tunggu...
Mustyana Tya
Mustyana Tya Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis, jurnalis dan linguis

Seorang pejalan yang punya kesempatan dan cerita

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Sri Lanka, Gagak, Tua dan Horor

21 Februari 2018   13:08 Diperbarui: 21 Februari 2018   13:16 800
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tiba waktu pemberangkatan umrah, tangis haru tak tertahankan sebab banyaknya perjuangan jatuh bangun mencapai Baitullah. Sebelum ke Mekkah, guide yang sudah sepuh itu mensyaratkan jemaah untuk transit ke Sri lanka, negara yang ga pernah kebayang gimana wujudnya. Tahu bakal transit di sana, berangkat dan pulang gue tukerlah sebagian uang dengan rupee dan ternyata gak berlaku karena negeri ini pake rupee yang berbeda. Rupee India ternyata harganya lebih tinggi dari rupee milik Sri Lanka. Kebayang sih susahnya nyari dan nuker rupee Sri Lanka karena nyari rupee India nemunya susah di Indonesianauzubillah. 

Gw juga baru pertama kali naik Mihin Lanka Airlines yang punya Srilanka juga, sebelum naik pesawat ini gw sempet browsing, katanya pramugari di pesawat ini pake sari semua dan seksi dengan udel keliatan. Etapi, pas naek pesawat semua pakaian pramugari tertutup rapi hahahaa.... Alhamdulillah masa mau umroh ngeliatin udel orang wkwkkw...

dok. pribadi
dok. pribadi
Sampai di sana kita sudah ada yang menjemput dari pihak hotel.  Dan pas keluar bandara wrrrrrrrrr banyak banget gagak terbang dan mendiami satu pohon yang udah ga ada daunnya sama sekali. Anehnya pemandangan ini gak cuma di deket bandara aja tapi juga di hampir seluruh penjuru Sri Lanka ini aneh kan dan gw baru pertama kali ngeliat fenomena alam begini. Dan menurut kepercayaan kita kan burung ini melambangkan kematian jadi ngeri sendiri hiiiii

dok. pribadi
dok. pribadi
Kehororan juga masih berlanjut saat hotel yang kami diami selama transit kelihatan tua. Ada sih gedung barung namun apes gw dapet di gedung lama yang lampunya aja mungkin ga sampe lima watt dan di jendela terpampang semak belukar tak terawat. Horor! Untuk mengobati kehororan gw, nonton tv lah gw dan ternyata isinya pilem India tapi versi emak bapak gue masih kecil wkwkwkw.... ude tuir banget. 

Ketuaan ini ternyata enggak hanya di program TV nya tapi juga segala gedung dan mobil di sana. Semua tuaaa dan sepi. Yang bagus dari hotel ini cuma makanannya gw cocok banget. Makanannya kayak India yang serba kari tapi ini gak buat enek dan gurih rasanya pake mecin kali yak. Kangkung dan pangsitnya juga juara. 

dok. pribadi
dok. pribadi
Esok paginya kita bersantap pagi dan ditawari untuk jalan-jalan keliling kota dengan bayar 100 ribu aj selama sekitar 6 jam. Nah, jemaah banyak yang kesulitan komunikasi bahasa Inggris jadi semua musti gue yang bantu dan karena dianggap menolong si bapak manager hotel maka gw dihadiahi free jalan-jalan 6 jam itu hahaha...

Sebagai informasi aj untuk selanjut peranan translator ala gue ini makin dibutuhkan untuk emak-emak yang ketinggalan kunci hotel, nyari terminal, debat sama petugas bandara gara-gara pungli dan macem. Yang beda jadi interpreter itu karena semua masalah ada di emak-emak rempong jemaah haji  

"Tya, emak ketinggalan kunci," "Tya tas emak ketinggalan" "Tya mau ke WC dimana" dan ini super banget bagi gw berasa guide berhubung guide gw itu udah aki2 yang ga lincah jadilah gw merangkap jadi apa aj... ya itung-itung pahala deh. 

Kejadian aneh bin ajaib juga menanti selama perjalanan gw unroh dan di Sri Lanka tunggu kelanjutannya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun