Mohon tunggu...
tyas widyaningsih
tyas widyaningsih Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Optimis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Berkenalan dengan Mangrove Sonneratia, Buah Khas Bontang Kaya Manfaat

23 September 2022   18:40 Diperbarui: 23 September 2022   21:09 213 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Buah Mangrove Jenis Sonneratia  

Bontang (22/09/22) – Kota Bontang terkenal kaya akan kawasan hutan Mangrove sebagai tumbuhan pencegah abrasi air laut. Siapa sangka mangrove yang dikenal sebagai tumbuhan pencegah abrasi air laut ini ternyata juga memiliki buah yang bermanfaat bagi tubuh. Namun tidak semua buah mangrove dapat dikonsumsi, salah satu jenis mangrove yang dapat dikonsumsi ialah mangrove jenis Sonneratia. Sonneratia  dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan. Untuk mengonsumsinya, buah yang berbentuk bulat telur terbalik ini bisa langsung dimakan saat matang maupun dikelola terlebih dahulu.

“Untuk menjadi sebuah sirup mangrove proses pembuatannya mudah karena yang diambil hanya sari-sari buahnya saja.” ucap Nurdia salah satu pengelola sirup mangrove di Bontang.

Ciri khas dari buah Sonneratia ini ialah rasanya yang asam sehingga jika dikonsumsi menjadi minuman dapat menghilangkan dahaga serta memberikan sensasi menyegarkan. Selain memberikan kenikmatan rasa, buah Sonneratia ini juga memiliki ragam khasiat bagi tubuh. Hal ini dikarenakan buah Sonneratia kaya akan vitamin dan zat bergizi seperti protein, karbohidrat, dan vitamin C.

Amirah ketua pengelola sirup mangrove Bontang memberikan penjelasan terkait khasiat dari sirup mangrove

 “Khasiatnya memberikan banyak hal baik untuk tubuh karena buah ini mengandung Vitamin C, Karbohidrat, Protein dan kandungan bergizi lainnya.” Jelas Amirah.

Meskipun memiliki beberapa manfaat, bagi penderita asam lambung perlu berhati-hati saat mengonsumsi minuman sirup ini. Hal tersebut dikarenakan rasanya yang cukup asam sehingga dapat mempengaruhi kondisi lambung.

Foto: Sirup Mangrove dari Buah Sonneratia 
Foto: Sirup Mangrove dari Buah Sonneratia 

Ariq selaku konsumen dari sirup mangrove ini menceritakan pengalamannya merasakan khasiat yang baik setelah mengonsumsi sirup mangrove dari buah Sonneratia ini. Ia merasa sirup mangrove membuatnya meredakan sariawan lebih cepat.

“Awalnya saya mencoba sirup mangrove karena rasanya yang asam. Kebetulan saya suka minuman asam seperti ini karena dapat memberikan kesegaran, ternyata setelah beberapa kali mengonsumsi sirup mangrove, saya merasakan khasiat dari sirup mangrove ini. Minuman ini membantu meredakan sariawan saya lebih cepat, sehingga sampai saat ini saya masih mengonsumsi sirup mangrove ini, karena selain rasanya yang asam dan bikin segar juga sebagai pemenuhan kebutuhuan tubuh saya” terang Ariq.

Dilihat dari kacamata medis dan kesehatan, dr. Salwa Nur yang merupakan praktisi bidang kesehatan mengungkapkan bahwa buah mangrove jenis Sonneratia ini aman untuk dikonsumsi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan