Mohon tunggu...
Aditya Octaviana
Aditya Octaviana Mohon Tunggu... Penulis - Fulltime learner, part-time dreamer.

Hope for the best, but expect less

Selanjutnya

Tutup

Love

Ini Lho Manfaat Perjanjian Pra-Nikah buat Kamu dan Si Dia

19 Agustus 2022   09:08 Diperbarui: 19 Agustus 2022   09:09 111 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: Freepik.com 

Bisa menikah dengan orang yang dicintai tentu jadi hal yang membahagiakan. Bagaimana tidak? Susah dan senang tentu sudah dilalui bersama. Kini, saatnya kamu dan Si Dia meresmikan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Tapi, untuk bisa membina rumah tangga yang bahagia membutuhkan persiapan matang. 

Persiapan ini meliputi banyak hal. Mulai dari kesiapan mental, finansial, karier, ilmu parenting, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, baik kamu dan Si Dia wajib mempersiapkan segala hal karena membina rumah tangga tak semudah membalikkan telapak tangan. 

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah membuat perjanjian pra-nikah. Nah, tahukah kamu apa itu perjanjian pra-nikah dan apa saja manfaat melakukan perjanjian pra-nikah dengan pasangan? Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak langsung di bawah ini!

Definisi Perjanjian Pra-Nikah

Dilansir dari legalitas.org, perjanjian pra-nikah adalah bentuk perjanjian yang dibuat antara satu pihak dengan pihak lainnya sebelum mengadakan upacara pernikahan untuk mengesahkan keduanya sebagai pasangan suami dan istri. Membuat perjanjian kawin hukumnya mubah atau boleh, selama tidak melanggar asas-asas perjanjian dalam hukum alam. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa perjanjian pra-nikah boleh dilakukan atau tidak dilakukan oleh pasangan yang ingin menikah. Tinggal kamu dan pasangan sesuaikan saja dengan kebijakan yang sudah kalian bangun untuk membina hubungan. 

Namun, jika diliat lebih dalam lagi, perjanjian pra-nikah memiliki beberapa manfaat untuk kedua belah pihak. Manfaat-manfaat  ini bisa mencegah kamu dan pasangan terhadap konflik-konflik yang sebenarnya tidak perlu. 

Nah, apa saja manfaat yang bisa kamu dan pasangan dapatkan dari perjanjian pra-nikah? Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak aja di bawah ini!

1. Lebih Siap Menentukan Tujuan Hidup Bersama 

Sebelum menikah, kamu dan pasangan pasti memiliki tujuan hidup dan impian masing-masing yang sangat berbeda. Nah, sebelum menikah, ada baiknya kamu dan pasangan bicarakan terlebih dahulu mengenai tujuan hidup bersama dan menyamakan persepsi satu sama lain guna menghindari konflik-konflik yang tidak perlu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan