Mohon tunggu...
Mas Titus
Mas Titus Mohon Tunggu... karyawan swasta -

An eagle-scorpion, a provocative mystic, and a happy single-living magnet

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Gunung Gede, Asal Bahtera Nuh

8 Desember 2012   09:18 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:00 5566 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona


Termasuk dalam salah satu mitos tentang bahtera Nuh adalah bahwa tidak ada yang tahu, kayu gofir itu kayu apa. Para ahli hanya menduga bahwa itu adalah kayu pinus, atau cypress (semacam cemara), atau cedar.

Kitab Kejadian 6:14 Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu GOFIR; bahtera itu harus kaubuat berpetak-petak dan harus kaututup dengan pakal dari luar dan dari dalam.

Kayu gofir" hanya disebut satu kali di dalam Alkitab (Kej. 6:14). Beberapa ahli berpendapat bahwa istilah ini merupakan bacaan pengganti untuk kata Ibrani KOPHER, yang berarti ter atau DAMAR.

DAMAR (Wikipedia) =http://id.wikipedia.org/wiki/Damar_(pohon)


Pohon damar (Agathis dammara (Lamb.) Rich.) adalah sejenis pohon anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang merupakan tumbuhan ASLI INDONESIA. Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, hingga ke Filipina (Palawan dan Samar). Di Jawa, tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getah atau hars-nya. Damar tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1.200 m dpl[2]. Namun di JAWA, tumbuhan ini terutama ditanam di PEGUNUNGAN

Manfaat KAYU DAMAR

Kayu damar termasuk kayu yang mudah digergaji dan dikerjakan, apabila diserut menimbulkan permukaan yang licin dan mengkilap. Kayu damar dapatdivernis dan setelah didempul dapat dipelitur sampai mengkilap. KKayu damar banyak digunakan sebagai bahan bangunan dibawah atap, perabot rumah tangga, BANGUNAN KAPAL (TIANG LAYAR), panel, barang bubutan (SUMBER :http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/25072/4/Chapter%20II.pdf)

Manfaat Getah DAMAR

Getah tersebut biasa digunakan untuk cat, vernis spiritus, plastik, bahan sizing, pelapis tekstil, bahan WATER PROOFING (bahan anti air, sangat diperlukan untuk melapisi kayu kapal)

Beberapa kesimpulan yang kita peroleh :


  • Damar / GOFIR adalah kayu asli Indonesia
  • Damar sejak dahulu digunakan untuk pembuatan kapal layar yaitu tiang layar dan waterproof
  • Getah damar biasa digunakan untuk melapisi kayu untuk keprluaan water proofing, sangat berguna untuk pembuatan kapal
  • Bahtera Nuh dibuat di atas gunung, dimana bahan utamanya adalah damar yg tumbuh di gunung, ini bisa kita temui hanya di JAWA, bukan lokasi lain di Indonesia


Dan gunung yang paling memenuhi kriteria sebagai asal bahtera Nuh adalah Gunung Gede Pangrango, karena hingga kini Tuhan masih memelihara tanda-tandanya, yaitu:

Kaya akan keanekaragaman hayati.

Nuh tak mungkin dalam waktu singkat dan jumlah orang yang sedikit, yaitu dikatakan hanya 70 orang yang beriman, mengumpulkan ragam flora dan fauna dari tempat2 yang berjauhan. Hal ini diperkuat fakta bahwa Gunung Gede memang terkenal kaya akan berbagai jenisburungyaitu sebanyak 251 jenis dari 450 jenis yang terdapat di Pulau Jawa. Beberapa jenis di antaranya merupakan burung langka yaituelang Jawa(Spizaetus bartelsi) dancelepuk jawa(Otus angelinae).  Bahkan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Gede

Keanekaragaman ekosistem

Gunung Gede memiliki keanekaragamanekosistemyang terdiri dariformasi-formasihutansubmontana,montana,subalpin; serta ekosistemdanau,rawa, dansavana. Apa perlunya aneka ragam ekosistem ini? Karena contoh flora dan fauna yang dibawa bahtera ini nantinya akan dikembangbiakkan di beragam ekosistem yang berbeda setelah banjir mereda. Ini memang misi Nuh untuk mengembalikan bumi sebagaimana semula.

Alun-alun Suryakencana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan