Mohon tunggu...
Tu Yuda
Tu Yuda Mohon Tunggu... Petani - Belajar adalah sebuah proses perjalanan

ijinkan saya untuk belajar dan jangan lupa dipandu demi kebaikan bersama

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Prinsip Sederhana dalam Berbicara

3 Desember 2022   19:04 Diperbarui: 3 Desember 2022   19:38 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi oleh MabelAmber / 4010 images/ pixabay. com

Rambu- rambu dalam bicara


Belakangan ini, ada jarang yang seketika menaklukkan keinginan untuk bergerak. Ada kata enggan, ada kata takut dan ada kata yang lain lagi. Beragam situasi itu muncul manakala sebuah pergerakan yang ternyata jauh dari persiapan, namun malah terjadi dan wajib dilewati tanpa mengeluh.

Pertanyaan itu sejalan hadir, bukan hanya dalam ingatan tetapi pada kenyataan, kontrol ini ternyata wajib diterapkan. Berkomunikasi merupakan sebuah kewajiban dalam menjalin interaksi pada kehidupan. Menyampaikan gagasan, saran, mengutarakan maksud serta hal lain di dalamnya, tentu memerlukan komunikasi yang dibangun dengan baik.

Apalagi berbicara pada khayalak umum. Sedikit tidaknya beberapa penekanan harus dipatuhi demi tersampaikannya informasi dan tujuan yang dimaksud. Kalau dalam kehidupan sehari- hari, komunikasi akan baik jika kita memiliki sebuah prinsip.

Sebuah prinsip menjadi landasan ketika kita ingin menyampaikan sebuah maksud tertentu. Sebab prinsip mencerminkan bahwa tujuan yang kita sampaikan akan memberikan sebuah jawaban, atau melahirkan sebuah saran hingga akhirnya berujung pada hal yang bermanfaat.

Sekalipun itu hanya sekadar ngobrol biasa, bergurau atau membicarakan hal sekecil apapun, demi terjalinnya sebuah suasana yang nyaman, sudah pasti memperhatikan dan mengingatkan diri, merupakan rambu yang wajib untuk kita patuhi.

Bagaimanapun akrabnya kita dengan seseorang, menanamkan prinsip dalam berbicara hendaknya tetap terkendali dalam diri kita masing- masing. Sebab sesuatu yang sejatinya dianggap biasa atau sepele, sering kali memunculkan permasalahan yang akhirnya merugikan banyak pihak.

Perjalanan selama  7 hari belakangan ini, memberikan pengetahuan baru kepada saya bahwa dalam berbicara sekalipun ringan, 2 prinsip yang wajib kita tekankan pada diri adalah ;

Berfikir sebelum bicara. Sikap ini terlihat umum dan sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari- hari. Tersampaikan secara halus dan bahkan ada juga secara spontanitas mengingatkan bahwa ketika mengawali pembicaraan hendaknya berfikir dulu tentang apa yang ingin dibicarakan.

Yang kedua adalah, jika terasa sudah cukup dalam menyampaikan maksud atau mengutarakan sesuatu dalam jalinan pembicaraan, akan ada baiknya menghentikan pembicaraan sebelum nantinya pendengar mengatakan " Cukup "tentang pembicaraan yang sekiranya kita sampaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun