Mohon tunggu...
Tu Yuda
Tu Yuda Mohon Tunggu... Petani - Belajar adalah sebuah proses perjalanan

ijinkan saya untuk belajar dan jangan lupa dipandu demi kebaikan bersama

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hari Kunjung Perpustakaan, Momen Bangkitkan Budaya Literasi? Sudahkah?

12 September 2022   13:34 Diperbarui: 12 September 2022   13:39 204 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Ada yang membuat semangat ini bengkit, ketika mendengar " Hari Kunjung Perpustakaan ", barangkali ada yang tahu kapan Hari Kunjung Perpustakaan diperingati ? sepertinya sudah banyak tahu, bahwa kita memiliki peringatan Hari Kunjung Perpustakaan setiap tanggal 14 September dan itu ditetapkan sejak tahun 1995.

Tentu adanya hari kujung perpustakaan , merupakan sebuah harapan kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap pentingnya budaya dan kegemaran membaca yang saat ini kondisinya sedikit menurun .

Tidak dapat dipungkiri bahwa, kemajuan jaman yang telah berganti oleh suasana manual ke digital, masih perlu adanya penyesuaian dalam hal pemanfaatan kecanggihan teknologi guna memenuhi kebutuhan informasi dalam hidup.

Tidak sedikit yang berimbas pada penyalahgunaan teknologi yang justru memberikan dampak negative jika. Salah-salah dalam menggunakannya. Apalagi dikalangan para siswa yang saat ini kebanyakan telah mengenal gadget dalam berbagai kepentingan, tidak salah namun adanya pengawasan orang tua itu sangat penting demi kelangsungan generasi yang cemerlang.

Rendahnya minat untuk membaca buku, dipengaruhi oleh beragam persoalan dan fakto didalamnya. 2 hal yang mungkin bisa di garisbawahi bahwa, mengapa anak-anak enggan membaca buku dari pada mereka harus menikmati tayangan di layar yang justru tanpa batas waktu ?

Ya, kembali bisa kita coba semangatkan bahwa, lingkungan terdekat menjadi faktor yang sulit dipisahkan sebagai sebuah alasan membaca semakin turun untuk diminati. Melalui momen peringatan hari kunjung perpustakaan ini, tidak ada salahnya dan tidak ada kata terlambat untuk memulai kembali semangat jiwa dalam menumbuhkan kebiasaan membaca sehingga pada akhirnya membaca akan menjadi bagian dari kebutuhan prioritas dalam hidup.

Secara sederhana, seperti yang telah kita ketahui bahwa, manfaat membaca itu sangat banyak, diantaranya :

  • Menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan
  • Jelas, lewat sebuah kebiasaan membaca, kita akan mengetahui beragam informasi baru melalui sumber bacaan .
  • Mengurangi stres
  • Banyaknya aktivitas yang harus kita jalani, ternyata dengan membaca dapat menurunkan tingkat stress seseorang .
  • Meningkatkan kualitas daya ingat
  • Berpengaruh pada meningkatnya fokus dan konsentrasi
  • Sebagai sarana untuk melatih diri dalam menulis
  • Melatih ketrampilan dalam menganalisa

Dan masih banyak yang lain tergantung sisi dari mana kita menilai bahwa membaca merupakan hal yang menyenangkan dan memberi manfaat.


Dengan kata lain, melalui layanan yang di berikan oleh perpustakaan, setidaknya kita akan terbantu dalam pemenuhan kebutuhan informasi, disamping itu tepat di peringatan hari kunjung, tidak sedikit perpustakaan yang menyelenggarakan berbagai kegiatan yang pastinya berhubungan dengan kegiatan berliterasi seperti :

Lomba membaca cerita, atau bercerita tanpa teks, lomba menulis puisi atau karya sastra lainnya , lomba mewarnai untuk anak-anak, pameran koleksi terbaru yang dimiliki perpustakaan. Dan pastinya lewat lomba-lomba yang diselenggarakan, setidaknya kita dapat berpartisipasi sebagai bentuk dukungan terhadap dunia literasi atau upaya dalam menumbuhkan kebiasaan membaca masyarakat .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan