Mohon tunggu...
Tu Yuda
Tu Yuda Mohon Tunggu... Petani - Belajar adalah sebuah proses perjalanan

ijinkan saya untuk belajar dan jangan lupa dipandu demi kebaikan bersama

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Akhir Pekan, Saatnya Saya Menyapa Sawah dan Kebun

23 Januari 2022   20:24 Diperbarui: 24 Januari 2022   06:29 158 26 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi (Dok. Pribadi) 


Akhir pekan merupakan waktu yang spesial bagi kebanyakan orang, tidak terkecuali saya , dimana akhir pekan biasanya saya manfaatkan waktu untuk berkebun. Awal mula saya menyukai kegiatan ini, berkat bimbingan dari Bapak saya yang memang sebagai petani.


Saya masih ingat saat itu saya diajak ke kebun untuk membantu Bapak mencangkul, sebelum menanam bibit pisang.  Bapak begitu bersemangat mengajarkan saya tentang bagaimana memilih bibit yang bagus, kemudian menanam, merawat, hingga akhirnya saya mendapat hasil dari pohon pisang yang saya tanam telah berbuah.


Itulah yang menjadi latar belakang saya menyukai aktivitas berkebun.


Sekarang, begitu akhir pekan tiba, pukul 07.30 saya akan bergegas menuju kebun lengkap dengan peralatan seperti cangkul, sabit ,serta sebotol air putih untuk melepas dahaga. Tentunya kalau cuaca tidak hujan ya sahabat :)

Berkebun adalah salah satu cara saya  untuk mengisi waktu libur agar tetap bermanfaat, apalagi beberapa tanaman yang saya  tanam saat ini telah berbuah.


Tanaman yang menjadi teman setia kala saya ke kebun diantaranya, pohon pisang, cabai, kunyit, kangkung, bayam, jahe merah,bawang merah, bawang putih,sereh dan lengkuas yang seolah menyapa, ketika saya datang untuk membersihkan rumput- rumput liar, menyiram dan memberi pupuk, agar tanaman tumbuh dengan baik. 


Apalagi lokasi kebun berdekatan dengan lahan sawah, saat ini tepat musim menanam padi telah tiba, sembari beraktivitas mencangkul ataupun menyabit rumput, sayapun dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan para petani yang sedang sibuk bekerja di sawah.


Dengan memanfaatkan sampah organik dan kotoran hewan ternak sebagai pupuk, saya berharap  hasil buah ataupun sayur yang saya tanam, dapat memenuhi kebutuhan dapur keluarga.

Setidaknya saya berusaha untuk meringankan biaya kebutuhan untuk makan sehari- hari khususnya kebutuhan sayur dan bahan bumbu dapur.


Saya yakin beberapa sahabat kompasiana, ada yang suka berkebun atau memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk berkebun, tetap semangat ya sahabat, saya doakan hasil berkebunnya bagus.


Itulah kegiatan saya untuk mengisi waktu libur akhir pekan. Salam hangat dan salam sehat untuk kita semua .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan