Mohon tunggu...
Tutut Setyorinie
Tutut Setyorinie Mohon Tunggu... castle builder

an amateur who has bizarre obsessions to build castles on Mars

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Hari Ini, 16 Tahun yang Lalu: Domain Youtube Pertama Kali Diluncurkan

14 Februari 2021   11:08 Diperbarui: 14 Februari 2021   12:54 195 43 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Ini, 16 Tahun yang Lalu: Domain Youtube Pertama Kali Diluncurkan
Youtube | sumber: www.smsglobal.com

Siapa yang tidak kenal dengan situs berbagi video terpopuler sejagat maya? Ya, Youtube!

14 Februari 2005 mungkin merupakan satu dari sekian banyak tanggal yang tak akan dilupakan oleh Youtube. Pasalnya, tepat pada hari ini, 16 tahun lalu yang lalu, domain media dengan pengguna lebih dari 2 milyar ini diluncurkan oleh trio Chen, Hurley dan Karim.

Bermula dari sekumpulan karyawan, berakhir menjadi media besar

Dari kiri ke kanan: Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim | sumber: medium.com
Dari kiri ke kanan: Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim | sumber: medium.com
Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim pertama kali bertemu di PayPal, perusahaan teknologi kepunyaan Elon Musk yang menangani jasa transfer uang. Mereka tidak lain hanya sekumpulan karyawan, yang sedang mencari cara untuk membagikan video dengan mudah.

Steve Chen merupakan scientist. Minatnya di bidang teknologi dibuktikan dengan perjalanan karirnya di PayPal, Facebook, hingga Google. Dalam pendirian Youtube, Chen menduduki posisi sebagai Chief Technology Officer.

Sedangkan Chad Hurley merupakan seorang designer. Di PayPal, ia bertugas dalam merancang logo. Meski meraih gelar sarjana atas seni murni dari Indiana University of Pennyslavia, minat Hurley terhadap teknologi tidak main-main. Dalam pendirian Youtube, Hurley bahkan memegang peranan sebagai Chief Executive Officer. Hal ini berarti kendali kapal Youtube digenggam sepenuhnya oleh Hurley.

Dan yang terakhir sekaligus termuda, Jawed Karim, merupakan ahli komputer. Ia sempat keluar kuliah demi menjadi karyawan PayPal, sebelum akhirnya melanjutkan dan lulus sebagai sarjana ilmu komputer dari University of Illinois.

Selain pendiri, Karim juga dikenal sebagai orang pertama yang mengunggah videonya di Youtube. Dengan berlatar kebun bintang San Diego, Amerika Serikat, video "Me at the zoo" telah meraih kunjungan sebanyak 152 juta kali hingga hari ini.


Sepintas perjalanan menuju 1,65 miliar dolar

Kesuksesan Youtube bisa dibilang terhitung singkat. Sejak domain www.youtube.com diaktifkan pada 14 Februari 2005, video pertama yang diunggah sang pendiri sukses diluncurkan pada 23 April 2005.

Pada September 2005 Youtube berhasil mendapatkan investor pertama, Roelof Botha, yang menyumbang sebanyak 3,5 juta dolar AS untuk biaya operasional dan pengembangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x