Mohon tunggu...
Tutut Setyorinie
Tutut Setyorinie Mohon Tunggu... Akuntan - Lifelong Learner

hidup sangatlah sederhana, yang hebat-hebat hanya tafsirannya | -Pramoedya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Setop Mengira Kompasiana adalah Koran Kompas!

18 September 2018   09:17 Diperbarui: 18 September 2018   19:56 1715
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa teman saya pernah bertanya, "Eh gimana sih cara tulisanmu diterbitin di koran?" atau "Sekarang udah nulis di koran ya?"

Saya yang tidak mengerti apa maksud ucapan mereka langsung mengerutkan dahi sambil menggaruk tengkuk dengan bingung, "hah, koran?" 

Mereka dengan mantap mengangguk-angguk, "Itu... Kompasiana."

Saya pun menepuk dahi, berdehem, sambil tertawa. "O... Kompasiana. Kompasiana mah bukan Koran Kompas."

Lalu mereka pun cekikikan karena mengira saya telah melakukan sesuatu yang 'waw'.

Pertanyaan-pertanyaan itu mulai muncul ketika saya menscreenshot artikel Kompasiana saya di instagram.

Inginnya sih meng-iya-kan saja anggapan mereka tentang menulis di koran. Toh mereka pun tidak tahu dan tidak ingin mencari tahu tentang itu.

Tapi, membenarkan sesuatu yang tidak terjadi rasanya sama seperti membohongi diri sendiri.

Maka dari itu saya pun berlanjut dengan memberikan teman-teman saya penjelasan tentang apa itu Kompasiana, perbedaannya dengan koran kompas, dan terkadang juga bagaimana cara menulis di sana.

Dulu, yang saya tahu, memang ada kolom Kompasiana Freez di koran kompas. Kolom itu memuat satu atau dua artikel dari Kompasiana yang memenuhi kualifikasi tertentu.

Namun usut punya usut, konon kolom tersebut telah lama dihapus di Harian Kompas dan secara tidak langsung merenggangkan jarak antara menulis di Kompasiana dan di koran Kompas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun