Mohon tunggu...
tuti dede
tuti dede Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya merupakan Guru SD yang sudah mengabdi selama 32 tahun, dengan masa kerja saya yang tingal 8 tahun lagi saya ingin menuliskan cerita tentang dunia pendidikan yang bisa menginspirasi semua orang.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Ziarah ke Makam Mama

20 September 2022   06:52 Diperbarui: 20 September 2022   07:10 102 22 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Ziarah Kemakam Mama.

Tidak seperti biasanya kaki ini sakit banget di bawa jalan ,kaya abis main bola berat dan pegel banget itu yang saya rasakan dari semalam sampai di sekolah langsung duduk aja di bangku merasakan sakit yang teramat ini kaki.

Sore hari sabtu ini saya bersama dengan anak -anak dan adek saya pergi ke makam mama untuk Ziarah kubur  , dari kemarin kepikiran almarhumah Mama terus sampai terbawa dalam mimpi bertemu mamah ...

Doa setiap detik ,setiap hari tidak pernah saya tinggalkan untuk terus berdoa untuk kedua orang tua saya .

Sampai di sana hati ini begitu sedih melihat makam mama sudah penuh ditutupi oleh rumput ya Allah maafkan kami anak -anak mama yang lalai tidak melihat lihat keadaan makam mama sampai kaya gitu mungkin karena musim hujan jadi rumput tumbuh subur  di sana.

Sebelum berdoa dengan sigap semua tangan langsung membersihakan dan mencabut rumput yang sudah mulai tinggi  dengan tangan ini semua cepat terselesaikan dan akhirnya bersih lagi  lalu kami pun melakukan kegiatan doa bersama untuk almarhum mama .saya yakin dengan kekuatan doa yang kami panjatkan mama akan selalu bahagia di surganya Allah Amiin. 

dan  berdoa bersama untuk almarhumah mama  "Ya Allah , ampunilah dosa -dosa ku dan dosa kedua ibu bapakku , kasihanilah keduanya sebagaimana keduanya telah mendidik ku sejak kecil . Ya Allah Ampunilah seluruh orang -orang yang beriman laki dan perempuan , mereka yang masih hidup dan yang sudah mati . Dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dalam kebaikan . 

Ya Allah ampuni lah dan sayangilah ,Engkau lah sebaik -baik penyayang dari, para penyayang .Tiada daya dan tidak ada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah yang maha luhur,  lagi maha Agung .Amin .Kembali pulang kerumah langsung sholat magrib ,setelah selesai  saya pergi kerumah adek saya untuk minta tolong di urut kaki yang sakit ini, dan Alhamdulillah setelah di urut kaki ini jadi lebih enak lagi bisa bergerak dengan bebas. 

Kegiatan Ziarah kubur yang saya lakukan dengan mengajak anak cucu mengajarkan kepada kita semua bahwa kita semua yang hidup di dunia pasti akan Kembali kepada sang    pencipta manfaat dari ziarah kubur menurut al,quran dan hadist yaitu 1. Dapat mengingatkan kita akan kematian .

2. Mendoakan orang sudah meninggal atau mereka yang kita ziarahi .

3. Meringankan siksa bagi para ahli kubur .

 ,semoga kita semua bisa mempersiapkan bekal yang akan kita bawa ke sana dengan bekal sebaik -baiknya yaitu Takwa .Amin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan