Mohon tunggu...
tuti dede
tuti dede Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya merupakan Guru SD yang sudah mengabdi selama 32 tahun, dengan masa kerja saya yang tingal 8 tahun lagi saya ingin menuliskan cerita tentang dunia pendidikan yang bisa menginspirasi semua orang.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Menulis Semudah Ceplok Telur

17 September 2022   20:26 Diperbarui: 17 September 2022   20:27 96 27 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Assalamualaikum Wr Wb

 Pelatihan belajar menulis PGRI

 Resume                              : ke- 12

Tema                                     : Menulis semudah ceplok telor

 Narasumber                      : Dra Lilis  Ika Herfianti Sutikno SH

 Moderator                         :  Widya Setyaningsih SAg

Kita semua pasti pernah berpikir bahwa menulis itu sulit karena perlu, inspirasi, ide, gagasan, dan keahlian,  dalam mengolah kata agar tulisan yang kita buat bisa disajikan untuk orang banyak dan diminati seperti hidangan yang dibuat oleh seorang chef. Namun pemikiran itu dibantah oleh materi di pelatihan belajar menulis gelombang 27 malam ini materinya." Menulis semudah ceplok telur "Pertemuan kedua belah dipandu oleh moderator yang cantik bahkan sangat mudah sehingga narasumber mengibaratkan menulis itu semudah ceplok telur.  Kita bisa menulis apa saja perlu latihan untuk menulis setiap saat,  jangan mencari waktu luang untuk menulis,  tetapi luangkan waktu kita untuk menulis,  agar terlatih dan terampil.  Untuk mengelola kata demi kata hingga merangkai kalimat demi kalimat dengan sempurna. Untuk menjadi penulis modal awalnya adalah membaca.  Apakah membaca termasuk bagian dari yang menginginkan menulis seperti semudah telur ceplok.  untuk bisa menulis dengan cepat dan tidak memusingkan semudah membuat telur ceplok,  perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut  :

  •  Banyak membaca untuk menambah wawasan sebagai penulis kita akan banyak menemukan ide-ide untuk menulis.
  •  Tetap semangat untuk menulis setiap orang harus memiliki jiwa semangat sebagai energi kita untuk berkarya.
  •  Konsisten Jangan mudah menyerah menulis membutuhkan ketekunan dan komitmen sebagai seorang penulis kita harus konsisten untuk terus menulis Jangan mudah menyerah dan berputus asa karena rintangan dan cobaan selalu ada sebagai penguat untuk kita menjadi dewasa.
  • Terus mengembangkan diri jangan pernah puas dengan apa yang sudah diperoleh teruslah belajar karena sejatinya belajar adalah penghancur kegelapan.
  •  Tulisan  kita buat menjadi buku,  Jangan biarkan tulisan kita tidak bermanfaat,  maka jadikanlah menjadi sebuah buku agar orang lain bisa mengambil manfaat dan belajar dari tulisan kita.
  •  Refleksikan   Jangan pernah berpuas diri teruslah untuk mengkaji kelebihan dan kekurangan yang kita miliki Dan Mencari tahu apa saja yang masih kurang untuk bisa diperbaiki di masa mendatang.

 Demikianlah resume ke-12 pada malam ini semoga peserta belajar menulis mendapat inspirasi menulis,  dengan menulis juga dapat menyehatkan pikiran kita terima kasih ilmunya Bunda Lilis dan Bunda Widya Salam sehat sukses dan Bahagia.

 salam literasi      Tuti Dede

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan