Mohon tunggu...
Tuti Herawati
Tuti Herawati Mohon Tunggu... Coach Wirausaha,Motivator dan Pendidik

Merupakan Seorang coach wirausaha, motivatator dan pendidik

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Passion Sangat Berperan dalam Menentukan Pekerjaan atau Menjadi Seorang Entrepreneur

1 Desember 2020   12:50 Diperbarui: 1 Desember 2020   12:55 38 1 0 Mohon Tunggu...

 PASSION SANGAT BERPERAN DALAM MENENTUKAN PEKERJAAN ATAU MENJADI SEORANG ENTREPRENEUR ?

Dalam menjalankan kehidupan sehari hari tentunya sebagian waktu yang kita jalani dalam 24 jam , adalah kesibukan kita untuk bekerja,berusaha,dan belajar dalam mengisi kehidupan ini yang terus menerus begulir.
Masa pademic ini hampir seluruh kegiatan kita berada dirumah, bekerja, belajar bahkan berdagangpun lebih banyak dilakukan dirumah. Untuk karyawan yang bekerja di kantor pekerjaan diselesaikan melalui rumah, sekolah dari tingkat SD sampai Kuliahpun belajar melalui Daring.Untuk karyawan dan siswa mungkin pekerjaan dan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan mudah dirumah, karena telah memiliki silabus atau standar baku yng sudah ada.
Namun untuk seorang entrepreneur atau seorang wirausaha, ini menjadi suatu tantangan dalam menjalankan bisinisnya,terutama bagi seorang wirausaha pemula.  Kita bisa lihat dalam keadaan sekarang hampir semua bisnis besar pun saat ini menunjukan penurunan dalam produksi maupun penjualan. Disinilah kita merasakan dan belajar untuk tetap bertahan bahkan dapat berkembang dalam kondisi seperti ini.
Pada saat kita mulai memikirkan atau memulai untuk melakukan suatu pekerjaan ataupun usaha,ada beberapa yang harus kita persiapan, baik persiapan mental atau materi. Mungkin untuk bekerja sebagai karyawan banyak yang tidak mempertimbangkan apakah pekerjaan yang akan diambil sesuai dengan keinginan atau bakat yang ada. Banyak karena kebutuhan,lalu mengeyampingkan bahwa pekerjaan yang diambil itu bukan bakat atau passion nya, bahkan banyak yang keluar dari displin ilmu yang telah dipelajari. Bicara lagi karena didasari oleh kebutuhan, bukan keiginan. Beda dengan pekerjaan Profesional lebih karena bakat dan hoby, dan biasa karena Passion yang ada pada dirinya. Mengenali diri sendiri itu pemahaman yang lebih baik, dan jangan dianggap remeh. Mengapa saya pilih pekerjaan ini, mengapa saya pilih usaha ini.
SALAM WIRAUSAHA,,,,menjalankan usaha sesuai dengan yang kita minati, mewujudkan segala sesuatu dalam keunikan yang kita miliki dan rasakan itulah bisnis yang sangat meneyenangkan , merupakan HOBY YANG TERBAYARKAN. Melakukan pekerjaan apapun kalau sesuai dengan PASSION yang kita miliki, kepuasan yang kita rasakan ,karena kita tidak pernah berpikir untuk tidak mengerjakannya. Memang tidak mudah untuk menemukan passion untuk diri sendiri namun kita mencoba untuk menemukannya. Dan terkadang untuk menemukan passion kita, bahkan kita memerlukan waktu bertahun tahun untuk menemuinya dan menyadarinya. Kadang kita tak memahami potensi ,kemampuan ,keahlian bahkan bakat yang ada didalam diri kita. Perlunya mengenali diri dengan kemampuan yang ada . Pekerjaan yang sesuai dengan passion kita merupakan Energi yang terus menyinari membangkitkan semangat seperti Matahari.
Sebelum anda melakukan untuk memulai menjadi seorang pebisnis atau entrepreneur, kenali dulu bahwa anda memiliki 3 bahan dasar utama yaitu Energi ( tenaga ), Waktu ( time ) dan Uang ( money ). Ketiga hal ini tentunya saling berkaitan, membuka bisnis, tentunya kita harus memiliki tenaga dalam membangun usaha, apakah anda memulai mengerjakan sendiri / sharing, atau langsung memiliki karyawan. Terutama energi positif yang selalu ada yang akan mendukung semangat untuk terus berkembang dan maju. Waktu , seorang pebisnis wirausaha harus full time dalam membangun usahanya. Memulai usaha anda tidak bisa membangun bisnis anda dengan paruh waktu, harus  fokus dalam menjalankannya jangan separo waktu dan hati. Setidaknya harus kacamata kuda dalam awal memulainya. Bila sistem sudah terbangun, anda bisa separuh waktu utk standby di tempat usaha anda. Karena anda adalah entrepreneur, anda harus membangun bisnis anda menjadi profitable dan Auto Pilot. Yang terpenting juga adalah Money, memulai usaha tentunya memerlukan modal, uang juga modal utama. Banyak orang bilang usaha dengan modal dengkul, apakah itu bisa dijadikan patokan ?. Anggap anda memulai usaha dengan menjadi Reseller itupun memerlukan uang, walau tidak sebesar seperti kita membuka toko. Ada dua langkah yang anda ambil dalam menjadi pebisnis, jika anda memiliki talenta punya waktu dan uang, dan anda  bisa membangun bisnis sendiri, namun jika anda punya uang tapi anda tidak memiliki talenta usaha, anda bisa membeli Frainchase .
Kembali lagi setiap usaha apapun yang kita akan memulainya, didasari dengan Passion yang anda miliki. Passion merupakan segala macam keunikan atau keistimewaan yang anda miliki dan rasakan. Setiap manusia memiliki keistimewaan dan keunikan, tapi kadang kita tidak tanggap untuk mengetahui keistimewaan yang ada didiri kita sendiri. Terkadang kita sulit memahami Passion kita sendiri, dengan adanya perkembangan dunia modern ,bagian atau pun jurusan pendidikan yang ditempuh. Namun sisi lainnya Passion bukan hanya kaitan kebiasaan atau keahlian kita namun justru berhubungan dengan segala hal yang menggugah minat pribadi, Passion anda sudah ada didalam diri anda sendiri. Untuk Ada yang perlu anda ketahui, yakini keunikan diri adalah keistimewaan diri, passion tidak usah dicari karena sudah ada didalam diri kita, lupakan dulu uang, jabatan ataupun atribut lain.Bukan hanya tentang apa yang anda sukai, tapi tentang rasa saat anda melakukannya. Nikmati prosesnya,jangan pernah bosan dan ragu untuk mencoba banyak hal. Anda harus peduli mencari Passion dengan melakukan kegiatan baru, banyak bertemu orang orang baru, antutias melakukannya.
Memulai bisnis,usaha atau bekerja  yang akan kita jalankan kita harus mengenali diri kita, apa yang dominan apakah kita lebih menggunakan otak kiri atau otak kanan. Apakah anda cenderung menggunakan kreativitas dalam memecahkan permasalahan,cepat mengandalkan intuisi dan cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi. Atau anda lebih  dominan menggunakan otak kiri lebih  memilih alasan untuk segala sesuatu yang lain. Dengan menggunakan logika rasional untuk mengindentifikasikan masalah.Namun keduanya memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri, jika mengetahui apa yang dominan yang  ada didiri kita, tentunya kita akan enjoy dalam melakukan pekerjaan.
Memulai bisnis baik jasa ataupun barang, pertama yang harus anda pikirkan adalah Siapa atau WHO. Siapa yang akan membeli produk atau jasa anda, tentukan secara spesifik. Siapa? Anak anak ,orang tua,laki ( untuk usia berapa? )atau perempuan ( untuk usia berapa?), single atau yang berkeluarga. Setelah anda telah menentukan spesifikasi WHO,  maka tentukan marketing strategy nya,semua aktivitas marketingnya berfokus pada usaha anda berdasarkan WHO tadi. Setelah kita berpikir tentang WHO sekarang tentukan WHERE, dimana lokasi atau tempat yang tepat untuk jenis usaha kita. Dimana WHERE untuk WHO anda berkumpul. Misal anda menjual kebutuhan perempuan yang berusia produktif 25-40,tentunya ada bisa tempatkan usaha anda disekitar sekolah, salon atau tempat Gym, dan anda berkolaborasi dengan tempat salon atau Gym. Setelah itu WHAT, anda harus menciptakan persepsi yang baik atas produk atau jasa anda. Anda harus tau konsumen anda membeli produk atau jasa anda, bukan hanya manfaat fungsinya namun juga manfaat emosionalnya. Ada keunggulan emosional bila mengunakan produk atau barang anda.Disini adalah penyentuhan hati pelanggan. Seorang marketing akan lebih mudah menjual jika anda sudah touch hati pembelinya. Lalu WHEN, when adalah faktor penting yang harus diperhatikan bila marketing strategi anda bisa menghasilkan hasil yang baik. Kapan anda melakukan promosi untuk produksi anda, misal promosi di media sosial tentunya anda harus tau jam jam berapa yang tepat mau mem-posting info produk atau jasanya. Terakhir adalah HOW, bagaimana anda melakukan marketing program yang praktis menyentuh setiap calon custumer anda dengan pendekatan pendekatan efektif dan efisien ini yang menentukan keberhasilan segalanya.  
Mengenali diri sendiri ,kuncinya adalah persiapan yang matang semakin baik persiapan yang dilakukan tentu akan berbanding lurus dengan kemungkinan berjodoh untuk bisnis  yang dijalankan




VIDEO PILIHAN