Mohon tunggu...
Tuti Alawiyah RA
Tuti Alawiyah RA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi, Penulis, Pemimpi

Kategori menulis: Fiksiana, Lyfe, dan Olahraga IG @tara.alawiyahra_

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel "Segitiga Tak Bertitik Temu" Karya Magdalena. I Ovi

30 November 2022   05:00 Diperbarui: 30 November 2022   05:19 678
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buku ini disebut novel karena memang karya fiksi dan disebut juga serial karena buku ini diperkenalkan dengan Serial Jilla yang merupakan kumpulan cerita terdiri dari 31 judul yang sebagian besar pernah dimuat di harian Surabaya Post di tahun 2004 sampai 2006. Sebelum menjadi buku utuh seperti sekarang, penulis sudah lebih dulu menulis dan memuatnya di harian Surabaya Post tersebut.

Buku ini menceritakan kisah hidup seorang remaja yang masih duduk di bangku SMA pasca setelah perceraian kedua orangtuanya, remaja itu bernama Jilla. Jilla sebagai anak lelaki sekaligus anak tertua dalam keluarga merasa bertanggung jawab akan kelangsungan hidup keluarganya sekaligus menggantikan peran seorang ayah di rumah untuk adik-adiknya, Jilla harus menerima kenyataan bahwa orangtuanya benar-benar berpisah.

Selain permasalahan keluarga, kisah ini menceritakan bagaimana Jilla diterpa berbagai masalah-masalah kehidupan remajanya, kesibukan sebagai anak SMA, berhadapan dengan teman-teman sebayanya, kisah asmara dan segala macam permasalahan yang ia hadapi. Permasalahan yang menerpa cukup banyak, penulis mengambil isu-isu yang relate dengan kehidupan remaja masa kini seperti kenakalan remaja, toxic relationships, narkoba, seks, dan lain-lain.

Meski begitu, Jilla tetaplah seorang remaja yang merasakan efek besar perceraian itu, yang seketika mengubah segala pola pikirnya, sudut pandangnya terhadap kehidupan, dan membuahkan tindakan yang sering kali bersinggungan dengan dirinya sendiri, keluarga atau lingkungan. Hingga pertemuan dengan Mellow membuat Jilla sadar, bahwa ada hal penting ketika memiliki suatu hubungan.

Pada proses permasalahan demi permasalahan itu, Jilla seiring berjalannya waktu berubah menjadi sosok yang lebih dewasa, bertanggung jawab atas dirinya, keluarganya, dan masa depannya. "Terkadang diperlukan sebuah ujian untuk mendapatkan sebentuk kesadaran." dan "Bersabarlah, metamorfosis kupu-kupu juga harus melewati menjadi ulat yang menjijikkan." ~Jilla

Walau begitu sakitnya perpisahan, namun dibalik perpisahan ada keindahan yang ditemukan. Setiap masalah akan selalu ada solusi dan hikmahnya, begitulah mungkin yang Jilla rasakan.

Kisah Jilla merupakan kisah remaja namun tidak hanya mengangkat isu seputar asmara saja lebih dari itu, kisah inspiratif dan menarik, banyak nilai yang bisa didapat. Melihat isu yang dibicarakan di buku ini sangat relate dengan kehidupan masa kini, tak heran sangat berkesan buku ini bagi pembacanya terlepas dari kekurangan dan kelebihan isi buku ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun