Mohon tunggu...
Tuti Alawiyah RA
Tuti Alawiyah RA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi, Penulis, Pemimpi

Kategori menulis: Fiksiana, Lyfe, dan Olahraga IG @tara.alawiyahra_

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

10 Fakta Menarik Mengenai Novel "Laut Bercerita" beserta Penulisnya

8 November 2022   05:00 Diperbarui: 8 November 2022   05:21 801
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2021/04/01/105642893.jpg

Novel Laut Bercerita merupakan novel best seller karya Leila S. Chudori yang terbit pada tahun 2017 atau sudah sekitar 5 tahun terbit. Novel ini merupakan novel terbitan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) yang bergenre Historical Fiction. Dibalik best sellernya novel ini terdapat jerih payah penulis dalam proses menamatkan ceritanya hingga bisa dibaca sampai saat ini. Selain itu, terdapat fakta-fakta menarik yang harus kita ketahui mengenai novel Laut Bercerita beserta penulisnya, baik pembaca yang memang sudah membacanya atau yang baru saja ingin membacanya wajib mengetahui fakta ini.

Fakta-fakta menarik itu di antaranya adalah:

  1. Novel Laut Bercerita sudah diangkat menjadi film pendek dengan disutradai oleh Pritagita Arianegara, diperankan oleh aktor Reza Rahadian yang memerankan tokoh Biru Laut, Ayushita Nugraha memerankan tokoh adik Biru Laut yaitu Asmara Jati, Dian Sastrowardoyo memerankan tokoh kekasih Biru Laut yaitu Ratih Anjani dan beberapa pemeran ternama lainnya seperti Tio Pakusadewo, Aryani Willems, Tanta Ginting, Lukman Sardi dan lainnya.
  2. Penulis memerlukan riset yang cukup lama mulai dari tahun 2013 hingga bisa terbit pada tahun 2017 bulan Oktober.
  3. Walau karya ini fiksi atau novel, tetapi setting atau alur peristiwa ini beberapa ada yang nyata dan penulis melibatkan narasumber asli yang mengalami peristiwa tersebut, baik dari para aktivis yang berhasil selamat dari penangkapan maupun para keluarga korban yang ditinggalkan oleh para aktivis yang hingga saat ini tidak tahu keberadaannya di mana.
  4. Terdapat dua sudut pandang. Pertama, sudut pandang yang di ambil dari Biru Laut yang lebih menceritakan dirinya dan teman-teman aktivisnya. Kedua, sudut pandang Asmara Jati yang menceritakan kesedihan dan kehilangan keluarga dan orang-orang terdekat yang ditinggalkan. Namun, pada awalnya penulis ingin menceritakan sudut pandang dari Biru Laut dan ibunya, keinginan itu batal karena penulis mempunyai alasan tersendiri yaitu “susah sekali karena terlalu sedih, dan penulis butuh anggota keluarga yang menjadi tiang.” maka Amsara Jati-lah yang dijadikan sudut pandang pada novel ini, karena sosok Asmara Jati dinilai lebih kuat dan tangguh dibandingkan dengan sosok yang lain, ungkapan itu dilontarkan pada saat acara bedah buku dan diskusi public novel Laut Bercerita.
  5. Melalui novel ini banyak sekali pembaca menjadi tahu sedikit bagaimana kondisi dan perjalanan sejarah bangsa Indonesia pada masa orde baru. Selain itu, siapapun yang membaca novel ini akan merasakan kesedihan yang teramat dalam dan tentunya dibarengi dengan tetesan air mata, sungguh kisah yang pilu dan menyayat hati.
  6. Dari awal terbit, novel ini sudah memiliki pembaca yang cukup banyak, terhitung sejak bulan juni novel 2022 ini sudah berhasil cetak ulang sebanyak 45 kali, itu terbukti hingga saat ini masih banyak orang yang membeli dan membacanya, tak heran jika novel ini best seller dan selalu berada di rak nomor 1 dalam rentetan novel-novel best seller.
  7. Novel Laut Bercerita terdapat juga versi bahasa asingnya yaitu bahasa Inggris dengan judul “The Sea Speaks His Name” diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 2020 oleh John McGlynn dari Penguin Random House.
  8. Novel Laut Bercerita kini sudah ada versi hard cover dengan cover yang berbeda dari sebelumnya, terdapat banyak ilustrasi dan salah satunya ilustrasi tokoh yang ada di dalam kisah Laut Bercerita.
  9. Leila S Chudori penulis novel Laut Bercerita selain menjadi penulis novel ia juga seorang wartawan, penulis skenario, kontributor dari majalah Tempo dan sudah bekerja di majalah Tempo selama kurang lebih 30 tahun.
  10. Tak hanya Laut Bercerita yang berhasil diterjemahkan ke bahasa asing, ada beberapa karya Leila S. Chudori juga yang diterjemahkan kebahasa asing diantaranya buku cerpen yang berjudul 9 dari Nadira dan Malam Terakhir sedang dalam proses diterjemahkan ke bahasa Inggris dan akan diterbitkan oleh Yayasan Lontas. Cerpen Malam Terakhir juga sudah diterjemahkan ke bahasa Jerman dengan judul Die Letzte Nacht oleh Horlemman Verlag.

Itulah sedikit dari fakta menarik novel best seller Laut Bercerita dan fakta mengenai penulisnya juga. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah informasi pembaca mengenai novel ini beserta penulisnya.

Terakhir, bagi yang belum mempunyai novel Laut Bercerita segeralah list ke daftar bacaanmu, karena novel ini setidaknya wajib di baca satu kali dalam hidupmu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun