Mohon tunggu...
Tunggul Ardianto
Tunggul Ardianto Mohon Tunggu... Mahasiswa ilmu komunikasi President University

Hello

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sekilas Info! Presuniv TV Siaran Berita Melalui Youtube

6 Juli 2019   23:53 Diperbarui: 7 Juli 2019   00:58 30 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekilas Info! Presuniv TV Siaran Berita Melalui Youtube
Dosen dan Mahasiswa TV Journalism - dokpri

President University sebagai salah satu Universitas Swasta paling bergengsi di Indonesia terus menunjukan kontribusinya dalam memajukan pendidikan nasional dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek, khususnya di bidang Komunikasi dan Media.

Sejak dibukanya konsentrasi TV Journalism di Jurusan Ilmu Komunikasi Januari lalu, Presuniv TV, telah  menjadi langkah awal dari sejarah perjalanan konsentrasi baru di universitas ini dan sebagai media pelaporan pertama yang dikelola mahasiswa di kampus.

Dibentuk pada tanggal 7 Januari 2019, Presuniv TV merupakan media bagi mahasiswa TV Journalism yang berfokus untuk membuat dan mempublikasikan berita-berita akurat dan sesuai fakta. Beroperasi layaknya stasiun televisi online, yang mengunggah kontennya melalui akun youtube, Presuniv TV yang sudah mulai tayang sejak tanggal 3 Februari 2019.
Dosen dan Mahasiswa konsentrasi TV Journalism membentuk tim produksi yang berdasarkan pada sistem kinerja pertelevisian yang sebenarnya. Tim produksi Presuniv TV ini memiliki sebutan "FGEN" yang merupakan kepanjangan dari First Generation atau berarti Angkatan Pertama untuk konsentrasi ini, anggotanya keseluruhan berjumlah 16 orang (Mahasiswa pagi dan malam).

"Kami memang belum bisa menampung peminat dalam jumlah besar mengingat untuk angkatan pertama ditargetkan menjadi pioneer dan oleh karena itu kami harus menyelanggarakan perkuliahan dengan sangat serius, holistik, dan memastikan perhatian penuh untuk setiap mahasiswa kami. Insya Allah untuk angkatan selanjutnya perlahan-lahan akan ditingkatkan jumlah penerimaan mahasiswa" jelas Raudy Gathmyr S.Sos., M.Si., Koordinator serta Dosen konsentrasi TV Journalism.

Pembentukan Presuniv TV ditujukan agar mahasiswa ditempah langsung untuk persiapan sebelum terjun ke dunia jurnalisme yang sesungguhnya. Yaitu dengan mengembangkan kreativitas dan potensi belajar melalui produksi sebuah tayangan berita. Presuniv TV juga diharapkan menjadi brand yang menunjukan citra konsentrasi TV Journalism Ilmu Komunikasi di President University untuk lebih dikenal.

Masa Depan Menyambut Kabar Baik

Anggota Presuniv TV berharap platform ini dapat mejadi besar dan lebih dikenal banyak orang, khususnya bagi seluruh civitas akademik President University, karena perkembangan media kampus ini pun turut diikuti oleh kampus lain sebagai alat informasi dan hiburan paling aktif bagi siswa yang dilengkapi dengan peralatan televisi standar secara nasional atau bahkan internasional. Selain itu, mereka berharap Presuniv TV bisa menjadi media yang dapat memberikan antusiasme untuk generasi selanjutnya. Mereka mengapresiasi siswa yang turut bergabung dengan TV Jurnalism dan akan benar-benar berkomitmen untuk menjadi jurnalis yang bercita-cita untuk membawa citra baik bagi President University khususnya bagi Jurusan Ilmu Komunikasi.

Kegiatan Liputan di Stasiun Cikarang
Kegiatan Liputan di Stasiun Cikarang

Konsentrasi TV Journalism President University selanjutnya akan terus mengembangkan kemampuan para Mahasiswa TV Journalism untuk lebih memperluas cakrawala kemampuan teoretis dan praktis dengan cara melakukan kurikulum review secara berkala dengan melibatkan para stakeholder baik dari kalangan akademik, industri media massa maupun dari masyarakat umum. Akan diupayakan pula modernisasi perlengkapan praktik, MoU dengan berbagai stasiun televisi mainstream maupun lokal akan secara berkelanjutan diupayakan.

Kegiatan student exchange dengan berbagai departemen Televisi akan menjadi menjadi prioritas selanjutnya. Mengingat industri televisi merupakan industri global yang dan sangat dinamis sehingga kualitas lulusan mahasiswa TV Journalism President University juga bisa sejajar dengan mitranya di level Internasional.

Penulis: Tunggul Ardianto
Editor: Amelia Nur Fauziah

Akun Youtube Presuniv TV: https://youtube.com/channel/UCts0Me5Jp-axMIZk_IMGZ3Q
Akun Instagram: @presuniv_tv
Narasumber: Raudy Gathmyr S.Sos., M.Si., Esra Freswita Ambarita, Chiky Nur Gunawan, Ruri Muharrir Fadhilla
Fotografer: Farial Herfansyah

VIDEO PILIHAN