Mohon tunggu...
Rahmat Ramdhani
Rahmat Ramdhani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Stay Hungry. Stay Foolish.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pelaksanaan Kegiatan KKN Universitas Sebelas Maret di Tengah Pandemi Covid-19

18 Januari 2021   15:40 Diperbarui: 18 Januari 2021   15:40 130 2 0 Mohon Tunggu...

SURAKARTA, JAWA TENGAH --- Sejak adanya penyebaran virus Covid-19 dan ditutupnya akses untuk berkerumun di tengah masayarakat Indonesia sejak Maret tahun lalu, Universitas Sebelas Maret Surakarta harus melakukan inovasi dan perubahan rencana terkait mekanisme pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Bagaimanapun juga kegiatan KKN oleh mahasiswa tetap harus dilaksanakan. Perubahan mekanisme ini yaitu berupa pelaksanaan KKN yang dilaksanakan dari wilayah tempat tinggal masing-masing. Salah satunya seperti yang dilakukan di wilayah Kampung Gendingan, RT 03 RW 16, Jebres, Surakarta.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak pertengah Juni hingga akhir Juli tahun lalu. Adapun beragam kegiatan yang dilaksanakan ialah Pelaksanaan Program Edukasi dan Sosialisasi kepada masyarakat sekitar mengenai bahayanya serta langkah-langkah pencegahan yang ideal dalam menghadapi penyebaran virus Covid-19, membagikan alat bantu kesehatan seperti masker, dan melakukan edukasi dan sosialiasasi berbasis online dengan memanfaatkan berbagai medium seperti foto dan video. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan tentunya sudah berkoordinasi dengan ketua RW dan RT yang bersangkutan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan KKN seperti ini yang tentunya tersebar di berbagai wilayah Indonesia lainnya dapat membantu dalam memberikan edukasi dan sosialisasi dalam menghadapi pandemi yang sudah berlangsung cukup lama ini. Harapannya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran di masyarakat tentang pentingnya melakukan pencegahan dan menjaga kesehatan tubuh masing-masing dan orang di sekitar agar terhindar dari penyebaran virus Corona (Covid-19) ini.

VIDEO PILIHAN