Mohon tunggu...
Tuhombowo Wau
Tuhombowo Wau Mohon Tunggu... Penulis

You can teach a turkey to climb a tree, but it's easier to hire a squirrel to do it. - Lyle Spencer

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Alasan Amien Rais yang Sebut Rezim Jokowi Bakal Jatuh

3 September 2019   19:19 Diperbarui: 3 September 2019   19:41 0 2 2 Mohon Tunggu...
Alasan Amien Rais yang Sebut Rezim Jokowi Bakal Jatuh
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais | Gambar: KOMPAS.com

Politikus senior sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebutkan bahwa rezim pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera berakhir dalam waktu dekat.

Amien menuding pemerintahan di bawah kendali Jokowi salah dalam mengurus negara karena dilakukan secara amatiran. Pemerintahan Jokowi pun diminta untuk berbenah.

"Saya tidak tahu, rezim ini apa bisa bertahan. Saya akan meramal enteng-entengan. Sebuah rezim kalau sampai ke titik jenuh, saturation point, ajal, pasti juga akan ajal. Sepertinya loh, sepertinya ini, tidak begitu lama lagi. Kecuali kalau cepat berbenah diri," di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (3/9/2019).

Menurut Amien, Jokowi harus mengambil keputusan yang tepat untuk menyikapi dua hal berikut yang sedang berkembang di masyarakat, antara lain soal konflik di Papua dan Papua Barat, serta rencana pemindahan ibu kota negara.

Terkait konflik di Papua dan Papua Barat, Amien berharap Jokowi dan jajarannya hati-hati melakukan penanganan supaya tidak memunculkan efek domino, misalnya lepasnya dua wilayah tersebut dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jika Papua dan Papua Barat akhirnya keluar dari NKRI, Amien memprediksi sebagian wilayah-wilayah lain akan melakukan hal yang sama.

"Nanti Aceh juga ingin, Pasundan juga ingin, negara Batavia dan Banten jadi satu," sambung Amien.

Di samping kehati-hatian dalam menangani konflik di Papua dan Papua Barat, Amien juga mengkritik rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Seperti yang sudah diputuskan Jokowi, lokasi yang akan digunakan sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian lagi di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Mantan Ketua MPR RI tersebut berharap Jokowi membatalkan rencana pemindahan ibu kota negara, karena dinilai berisi kepentingan tertentu terhadap China.

Pemindahan ibu kota disebut Amien justru malah mempercepat pengambilalihan kedaulatan RI oleh China. Amien juga tidak mau mengakui kajian yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait rencana pemindahan ibu kota karena dinilai pesanan dari China. 

"Saya pikir ini ibu kota itu mempercepat pengambilalihan kedaulatan oleh Republik Rakyat China. Sekali lagi, Xi Jinping ini lebih hebat dari Mao Zedong. Pesan kita kepada Pak Jokowi nggak usah basa basi, jadi dibatalkan saja. Sesungguhnya memindah Jakarta bukan karena menunggu studi Bappenas, tapi studi Beijing. Itu jelas sekali," imbuh Amien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN